ADVERTISEMENT

2 UMKM Binaan Pertamina Mejeng di Festival Pasar Senggol Turki

Rhazes Putra - detikFinance
Jumat, 10 Jun 2022 22:03 WIB
UMKM binaan Pertamina.
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) mengikutsertakan 2 mitra binaannya dalam Festival Pasar Senggol Turki 2022 di Halic Congress Center Istanbul, Turki.

Festival Pasar Senggol Turki 2022 perdana diadakan hasil kolaborasi antara Konsulat Jenderal RI Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia dan Kementerian BUMN, pada Minggu (05/06). Adapun Mitra Binaan Pertamina yang hadir dalam kegiatan festival di Turki ini adalah Kopi Geulis dan Roemah Kebaya Vielga (RKV).

"Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya membuka market baru. Kementerian BUMN juga mendorong UMKM peserta kegiatan untuk mengikuti Business Forum yang dirangkai dalam kesatuan kegiatan Indonesia Turkey Business Forum and Global Leaders Award di Istanbul," ujar Arya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/6/2022).

Kegiatan ini mempertemukan UMKM dengan potential buyers dari Istanbul Ticaret Odasi (ITO) atau Kamar Dagang Istanbul yang dilaksanakan sehari setelahnya dengan dihadiri sekitar 100 orang anggota ITO.

Pemilik Kopi Geulis Asal Jawa Barat, Ai Awang Hayati bersyukur dan bahagia diberi kesempatan oleh Pertamina untuk menjadi mitra binaannya dan juga bisa hadir di kegiatan Festival Pasar Senggol Turki.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Festival Pasar Senggol Turki yang difasilitasi penuh Pertamina," ujar Ai Awang.

Beberapa pengusaha tertarik dengan produk Kopi Geulis Arabika dengan proses winey yang mereka anggap tidak halal.

"Setelah mendapatkan penjelasan bahwa Arabika Winey merupakan produk halal yang tastenya menyerupai wine, mereka sangat antusias dan berani untuk mencicipi kopi tersebut," tuturnya.

Kopi Geulis memproduksi kopi robusta dan arabika dengan komposisi kopi 100% asal Sumedang, Jawa Barat. Kopi geulis memberdayakan petani kopi di sekitar Gunung Manglayang Timur, di mana wilayah tersebut sudah bersertifikat Indikasi Geografis.

Dalam perjalanannya, Kopi Geulis sudah melakukan ekspor ke wilayah China, USA, Russia, Afrika Selatan, Uzbekistan.

Baca Selengkapnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT