ADVERTISEMENT

Greysia Polii Pamit Pensiun, Menpora: Semua Atlet Berprestasi Akan Jadi ASN

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 12 Jun 2022 22:00 WIB
Pebulu tangkis Indonesia, Greysia Polii resmi gantung raket alias pensiun sebagai atlet profesional pada usianya yang kini menginjak 34 tahun. Perpisahannya begitu mengharukan, Minggu, 12/6/2022.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah bekerjasama menyelenggarakan acara Testimonial Day Greysia Polii, di Jakarta, pada Minggu (12/6/2022). Diketahui, bintang bulutangkis Indonesia Greysia Polii telah memasuki masa Purnatugasnya sebagai atlet.

Atlet berdarah Minahasa itu telah mencatat prestasi gemilang saat merebut medali emas dalam Olimpiade Tokyo tahun 2021 lalu. Emas Greys dan Apriyani Rahayu tersebut, menambah catatan medali untuk Indonesia dalam sejarah olimpiade cabang bulutangkis.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan Greysia Polii tidak akan sepenuhnya pergi dari dunia bulutangkis. Ia mengatakan, Greysia Polii akan tetap mendukung pengembangan cabang olahraga bulutangkis nasional, dengan menjadi aparatur sipil negara (ASN) di Kemenpora .

"Seperti arahan Bapak Presiden Joko Widodo, semua atlet berprestasi akan menjadi ASN di Kemenpora," ujar Zainudin dalam keteranganya, Minggu (12/6/2022).

Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam mengharumkan nama bangsa, BNI juga memberikan apresiasi telah mengajak atlet-atlet bulutangkis muda untuk hadir dalam acara tersebut. Para atlet muda yang diberi apresiasi itu berasal dari dua klub besar yang telah membesarkan Greysia Polii, yakni PB Jaya Raya dan Eng Hian Badminton Academy.

Bantuan dana pembinaan atlet muda bulutangkis itu telah diserahkan secara simbolis ke kedua club itu, oleh Vice President Corporate Communication BNI Selly Adriatika. Harapannya, dengan adannya bantuan tersebut akan lebih banyak the next Greysia Polli, untuk menjadi kebanggaan bangsa dalam mencetak prestasi-prestasi Go Global.

Ia juga mengatakan kedua klub itu, sudah sangat berjasa dalam mencetak para atlet berbakat.

"Sebelum Greysia Polli menjadi besar seperti saat ini, dan mampu mencetak prestasi internasional di berbagai kancah kompetisi, terdapat rangkaian perjuangan panjang yang telah dilalui bersama kedua club. Ini sekaligus menjadi ajakan pada semua pihak agar tidak melupakan jasa atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia dimata dunia," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna mengapresiasi dukungan dari semua pihak, yang telah mendukung semua atlet mencapai prestasi tertingginya hingga masa purnabaktinya.

Agung juga mengatakan bersama Greysia Polii, tim bulutangkis Indonesia telah melewati berbagai masa-masa sulit dan mencetak berbagai prestasi mendunia.

"Pensiunnya Greysia dari sebagai atlet bulutangkis adalah momen yang luar biasa dan mengharukan. Kita bersama-sama mengantarkan atlet kebanggaan dan kecintaan kita," katanya.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT