ADVERTISEMENT

Gaji Pas-pasan? Ini Tips biar Bisa Hidup Hemat di Jakarta

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 13 Jun 2022 18:30 WIB
Bantuan langsung tunai (BLT) akan diberikan kepada pegawai dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Seperti apa rinciannya?
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Tak dipungkiri kalau Jakarta adalah salah satu kota yang jadi sasaran banyak pencari kerja, dari luar kota. Alasannya, karena Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta memang lebih besar jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

Tahun 2022, Pemerintah DKI Jakarta sendiri menerapkan UMR sebesar Rp 4.641.854 per bulan. Nah, buat kamu terutama perantau yang gajinya pas-pasan UMR, ditambah harus mengirim uang untuk orang tua di kampung, tentunya kamu harus pandai mengelola keuangan.

Bagaimana caranya? Caranya dengan mencoba untuk hidup hemat. Nah, berikut adalah tips cara hidup hemat bagi kamu para pengabdi UMR Jakarta.

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan untuk bisa hidup hemat di Jakarta, seseorang perlu menjaga gaya hidup mereka menyesuaikan penghasilannya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menerapkan konsep flugal living.

"Tetap jaga gaya hidup, sesuai dengan gaya kita. Gaya disesuaikan dengan penghasilannya saja. Biasanya orang akan terjebak dengan utang, karena mengejar gaya hidup yang sejatinya tidak sesuai dengan pendapatannya. Jadi istilahnya adalah flugal living," ujar Andy.

Flugal living sendiri adalah cara yang digunakan seseorang untuk menekan pengeluaran, berdasarkan kepentingan.

Andy juga menyebutkan, tips selanjutnya adalah dengan tidak membandingkan hidup kita dengan orang lain.

"Jangan suka bandingin hidup dengan orang lain, karena itu pasti buat kita insecure. Bahkan dengan sesama teman kerja kita sendiri aja, yang incomenya setara dengan kita. Ih dia punya ini punya itu, kan kita bisa aja insecure," kata Andy

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT