ADVERTISEMENT

Shopee Mau PHK Karyawan?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 14 Jun 2022 10:35 WIB
Shopee
Foto: Dok. Shopee Indonesia
Jakarta -

Badai PHK startup masih terus berlanjut. Kini raksasa e-commerce yang berbasis di Singapura, Shopee dikabarkan akan menerapkan PHK massal di seluruh operasi internasionalnya.

Berdasarkan laporan dari Tech In Asia, dikutip detikcom, Selasa (14/5/2022) keputusan PHK massal tersebut diumumkan kepada karyawan Shopee dalam sebuah pertemuan internal perusahaan secara internasional.

Pertemuan itu disebut-sebut langsung dipimpin oleh seorang eksekutif dari perusahaan induk Sea Group. Pemutusan hubungan kerja ini dikabarkan akan mempengaruhi operasi ShopeeFood dan ShopeePay.

Sementara itu, Deal Street Asia melaporkan PHK dilakukan untuk fokus pada bisnis e-commerce. Maka dari itu PHK akan dilakukan pada lini bisnis ShopeePay dan ShopeeFood. Perusahaan disebut telah mengirim email kepada karyawan yang terkena PHK.

Laporan itu juga menyebutkan saat ini perampingan karyawan sudah terjadi pada layanan pembayaran dan pengiriman makanan Shopee di Thailand.

Komunikasi kepada karyawan yang terkena dampak dikatakan dikelola secara tidak langsung, dengan perusahaan meminta anggota staf untuk kembali ke rumah dan menunggu email yang menunjukkan penghentian mereka.

Shopee juga dikabarkan akhir-akhir ini telah menyetop perekrutan karyawan baru dengan beberapa tawaran untuk peran regional dibatalkan oleh perusahaan. detikcom masih berusaha menghubungi pihak Shopee untuk mengkonfirmasi kabar ini.

(hal/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT