ADVERTISEMENT

The Return of Menteri, Zulkifli Hasan Bakal Jadi Mendagnya Jokowi

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 09:35 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Foto: Muhammad Hanafi/detikcom
Jakarta -

Reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan kuat dilakukan hari ini. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kabarnya jadi salah satu calon menteri.

Berdasarkan informasi yang diterima detikcom dari sumber Pemerintah, Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi.

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan pukul 13.30 WIB siang ini. Perihal reshuffle ini, Istana menyatakan keputusan tersebut sepenuhnya kewenangan Presiden Jokowi.

Lantas siapa Zulkifli Hasan?

Zulkifli Hasan lahir di Lampung, 13 Agustus 1962. Istri dari Zulkifli bernama Soraya, pernikahan itu menghasilkan empat anak, bernama Futri, Zulya Savitri, Zita Anjani, Ray Zulham, Farras Nugraha, dan M. Rafi Haikal.

Pendidikan terakhir ayah lima anak ini adalah S2 Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM Tahun 2001-2003. Zulkifli selama ini dikenal sebagai politikus. Ia sejak 1998 bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN)

Dalam catatan detikcom, Zulkifli Hasan ternyata bukan orang baru di kabinet. Ia pernah duduk sebagai Menteri Kehutanan 2009-2014. Sementara saat ini, Ketua Umum PAN.

Sebelum menjadi Ketua Umum PAN, Zulkifli juga pernah menjadi Sekretaris Jenderal PAN periode 2005-2010. Pria yang akan menjadi Mendag itu juga pernah duduk di kursi anggota DPR Komisi VI. Lalu, pernah menjadi Ketua Fraksi PAN DPR RI Periode 2004-2009.

Catatan detikcom juga mencatat, salah satu kebijakan Zulkifli Hasan terkait partai yakni membawa PAN merapat mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla pada 2015. Sebelum mendukung Jokowi, PAN adalah partai pengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Kini, Zulkifli Hasan masuk menjadi kabinet Indonesia Maju yang akan membantu Jokowi sebagai Menteri Perdagangan.

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan masih bergelut dengan masalah minyak goreng. Bahkan masalah itu sampai diambil alih juga oleh Meko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Simak video 'Klaim PAN Dapat Jatah Menteri di Tengah Isu Reshuffle':

[Gambas:Video 20detik]



(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT