ADVERTISEMENT

Tahu Nggak, Paspor Orang Sri Lanka Ternyata Buatan Indonesia

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 10:33 WIB
Syarat Perpanjang Paspor 2021, Prosedur, hingga Biaya
Ilustrasi foto/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Indonesia akan memasok paspor untuk Sri Lanka. Perusahaan pelat merah Perum Peruri baru saja mendapat kontrak percetakan paspor dari Sri Lanka sebanyak 1 juta buku dengan nilai sekitar Rp 31 miliar.

Kontrak perjanjian kerja sama pencetakan paspor Sri Lanka telah ditandatangani pada Jumat lalu (10/6) di Kantor Pusat Peruri, Jakarta. Penandatanganan perjanjian ini dilakukan oleh Direktur Operasi Peruri Saiful Bahri dan Executive Chairman Epic Lanka Nayana Dehigama.

Epic Lanka merupakan perusahaan asal Sri Lanka yang telah ditunjuk oleh Departemen Imigrasi dan Emigrasi Sri Lanka untuk mengerjakan proyek pembuatan paspor Sri Lanka.

"Penandatanganan kerja sama ini menunjukkan bahwa Peruri diakui di dunia internasional atas kualitas produk yang baik serta kemampuannya menjalankan proyek strategis negara-negara luar. Ke depan, Peruri berkomitmen mengembangkan produk-produk cetakan hybrid berbasis digital untuk menambah value suatu produk melalui peningkatan fitur sekuriti serta menjaga kualitas," kata Saiful Bahri dalam keterangannya, Rabu (15/6/2022).

Selama 20 tahun, Peruri telah dipercaya pemerintah Sri Lanka untuk mencetak paspor. Selama kurun waktu tersebut, total paspor yang dicetak Peruri untuk Sri Lanka mencapai lebih dari 10 juta buku dengan 9 kali penandatanganan kontrak.

Pencetakan paspor bagi pemerintah Sri Lanka merupakan sesuatu yang sangat penting untuk membantu masyarakatnya melakukan perjalanan internasional. Misalnya, dalam rangka mencari pekerjaan di luar negeri untuk membantu perputaran roda perekonomian negara atau perjalanan bisnis bagi pejabat negara dalam rangka meningkatkan hubungan antar negara di dunia internasional.

Selain mencetak Paspor Sri Lanka, Peruri juga mencetak uang kertas Nepal, prangko Nepal, pita cukai Nepal, prangko Filipina dan uang kertas Peru.



Simak Video "Masa Berlaku Paspor Diperpanjang Jadi 10 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT