Kontroversi hingga Prestasi Zulhas Si Calon Mendag Baru Jokowi

ADVERTISEMENT

Kontroversi hingga Prestasi Zulhas Si Calon Mendag Baru Jokowi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 11:25 WIB
Zulhas, mengajak semua elemen untuk menunggu hasil resmi KPU terkait Pemilu 2019 pada 22 Mei mendatang
Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta -

Zulkifli Hasan atau Zulhas santer dikabarkan bakal dilantik jadi Menteri Perdagangan (Mendag) baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menggantikan mantan Mendag sebelumnya, Muhammad Lutfi.

Berdasarkan catatan detikcom, selama karier politiknya, Zulhas sempat terseret beberapa kasus. Yang paling mengundang perhatian publik adalah kasus suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau.

Kaus ini menjeret eks Gubernur Riau kala itu, Annas Maamun yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Kamis, 25 September 2014. KPK juga menetapkan PT Palma Satu sebagai tersangka. Perusahaan itu ditetapkan KPK sebagai tersangka korporasi dalam pengembangan kasus ini.

Setelah sempat mangkir, Zulhas akhirnya memenuhi panggilan KPK pada Jumat (14/2/2022) di Jalan Kuningan, Jakarta Selatan. Pada kesempatan itu ia menjelaskan perihal izin alih fungsi hutan Riau.

Menurutnya, Kementerian Kehutanan yang dulu dipimpinnya menolak semua yang diajukan oleh PT Palma Satu. Karena itu, Zulhas mengatakan kegiatan PT Palma Satu terkait alih fungsi hutan tidak berizin.

Polemik pemilihan ketua umum Partai Amanat Nasional juga menyeret nama Zulkifli Hasan. Zulhas terpilih menjadi ketua umum PAN periode 2020-2025 berdasarkan pemilihan kongres V PAN di sulawesi.

Aroma persaingan sangat ketat, di mana kubu Mulfachri sebagai pesaing menuding Zulkifli Hasan berlaku curang. Ketua DPW PAN Sulawesi Barat yang juga Koordinator Lapangan Pemenangan Mulfachri-Hanafi Rais, Asri Anas, menuding panitia membiarkan Zulkifli curang.

Kubu Mulfachri tidak terima dengan Zulkifli yang sudah mendaftar di Kongres Kendari, namun yang bersangkutan masih di Makassar. Seharusnya, Zulkifli mendaftar di arena Kongres di Kendari tanpa diwakilkan.

Di luar kasus tersebut, karier Zulkifli hasan tergolong cemerlang. Ia sempat mengemban jabatan Menteri Kehutanan periode 2009-2014 era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pria kelahiran Lampung ini juga pernah menjadi anggota legislatif tahun 2004-2009, dan 2019-2024.

Jabatan ketua MPR juga sempat didapuknya tahun 2014-2019. Dan siang ini, presiden Jokowi akan melantik Zulhas sebagai Menteri Perdagangan yang baru.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT