ADVERTISEMENT

10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Ada dari Indonesia?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 19:45 WIB
Foto udara ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dikawasan Provinsi Lampung, Lampung, Jumat (15/11/2019). Jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung yang peresmiannya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo merupakan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia dengan total panjang mencapai 189 km. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz
Ilustrasi Jalan Tol/Foto: Antara Foto
Jakarta -

Untuk mempersingkat waktu perjalanan, sekaligus menjadi akses ke tempat satu dengan tempat lainnya tentu kita akan menggunakan jalan tol ataupun jalan raya. Jalan tol adalah singkatan dari Tax on Location, yang artinya jalan yang dikenakan pajak. Jadi, ketika kita melewati jalan tersebut kita akan dikenakan sebuah tarif di tempat.

Tapi, tahukah kalian apa nama jalan tol terpanjang di dunia? Jalan tol terpanjang di dunia adalah The Pan American Highway, di Amerika Serikat (AS), yang membentang sepanjang 48.000 km. Kebanyakan jalan tol atau jalan raya terpanjang di dunia terletak di AS.

Daftar Jalan Tol Terpanjang di Dunia

Melansir laman Road Traffic Technology, Rabu (15/6/2022), berikut adalah daftar jalan tol terpanjang di dunia beserta negaranya:

1. The Pan American Highway

The Pan American Highway adalah jalan raya atau tol terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 48.000 km. Jalannya meliputi seluruh sistem jalan raya antarnegara bagian AS. The Pan American Highway terdiri dari jalan raya interkoneksi, yang menghubungkan lebih dari 20 negara di Amerika, kecuali celah 100 km di tengah jalan, yang terletak antara Panama dan Kolombia, yang dikenal sebagai DariƩn Gap.

Proyek jalan raya ini digagas pada tahun 1923, dan membentang dari Buenos Aires di Amerika Selatan hingga Edmonton di Amerika Utara. Bagian pertama dari jalan raya ini diselesaikan oleh Meksiko pada tahun 1950. Namun, Meksiko hanya membangun dan membiayai bagian-bagian jalan raya yang melintasi negara itu, sedangkan untuk bagian-bagian yang melintasi negara-negara Amerika Tengah yang lebih kecil, dibangun dengan bantuan dari AS.

2. Highway 1 in Australia

Highway 1 di Australia adalah jalan raya terpanjang kedua di dunia, mencakup 14.500 km, terdiri dari jalan raya yang saling berhubungan. Jalan Raya 1 Australia ini diresmikan sebagai jalan raya nasional pada tahun 1955.

Highway 1 Australia terdiri dari jalan tunggal dan jalan banyak, rutenya menyentuh semua negara bagian yang ada di Australia, kecuali Brisbane dan Darwin yang tidak terhubung langsung. Rute asli Highway 1 Australia yang diusulkan pada tahun 1955, dan disesuaikan kembali pada tahun 1959, 1974, dan 1998. Jalan raya ini bisa mengangkut lebih dari satu juta orang per hari.

3. Trans Siberian Highway

Jalan Raya Trans Siberia menjadi jalan tol atau jalan raya ketiga terpanjang di dunia selanjutnya, dengan 11.000 km. Jalan ini membentang dari St Petersburg ke Vladivostok di Rusia. Bagian dari rute yang mencakup jaringan Jalan Raya Asia disebut AH6.

Jalan raya ini terdiri dari tujuh jalan raya federal di sepanjang bentangan, yang bertepatan dengan rute Eropa E30 dan melewati Kazakhstan. Bagian terpanjang dari seluruh jalan raya ini adalah rute Rusia M58 atau Jalan Raya Amur, sebuah jalan raya federal di Rusia, yang membentang 2.100 km dari Chita ke Khabarovsk.

4. Trans Canada Highway

Canada Highway adalah jalan dengan panjang keseluruhan saat ini sekitar 7.821km. Canada Highway adalah jalan raya terpanjang keempat di dunia. Pembangunan jalan raya ini dimulai pada tahun 1950 dan peresmiannya diadakan di tahun 1962. Namun, pengaspalan dan pekerjaan konstruksi lainnya berlanjut hingga tahun 1971.

Jalan raya ini membentang ke Timur-Barat dari Victoria di British Columbia ke Kota St. John di Newfoundland dan Labrador. Jalan ini melewati sepuluh provinsi Kanada, yang menghubungkan semua kota besar di negara ini.

5. Golden Quadrilateral Highway Network, India

Golden Quadrilateral adalah jalan raya yang menghubungkan 4 kota metropolitan di India, yaitu Delhi, Mumbai, Chennai dan Kolkata. Jalan tol ini selesai dibuat pada Januari 2012. Pekerjaan perencanaan jalan tol sepanjang 5.846 km selesai pada 1999, dan konstruksi dimulai tahun 2001.

Proyek jalan raya terbesar di India ini, disebut dengan proyek Golden Quadrilateral atau segi empat emas yang diluncurkan pada tahun 2001. Proyek ini juga bagian dari Proyek Pembangunan Jalan Raya Nasional (NHDP).

6. China National Highway 010

Jalan Raya Nasional China 010, juga dikenal dengan sebutan Tongsan Expressway, yang memiliki panjang 5.700 km. China National Highway 010 menempati peringkat sebagai jalan raya terpanjang keenam di dunia. Jalan raya ini membentang dari Kota Tongjiang di Provinsi Heilongjiang Timur, hingga Sanya di Provinsi Hainan. JalanIni adalah salah satu dari lima jalan raya Utara-Selatan dan jalan raya Timur-Barat ketujuh di Cina.

7. US Route 20

US Rute 20 jalanya membentang 5.415 km ke arah Timur-Barat dari Boston, Massachusetts, ke Newport, Oregon, AS. Jalan ini adalah jalan raya terpanjang ketujuh di dunia dan jalan terpanjang di AS. Jalan ini berfungsi sejak tahun 1926 dan diperpanjang pada tahun 1940. Jalan ini melintasi 9 negara bagian AS.

8. US Route 6

AS Rute 6 ini juga dikenal sebagai Grand Army of the Republic Highway. Jalannya membentang dari Bishop, California, hingga Provincetown, Massachusetts. Jalan ini memiliki panjang 5.158 km, dan jalan raya terpanjang kedua di AS. Jalan raya ini sebelumnya membentang dari Bishop ke Long Beach, California, dan dianggap sebagai rute lintas benua hingga tahun 1964.

9. Interstate 90 (I-90), AS

Interstate 90 (I-90) adalah jalan raya yang memiliki panjang 4.860 km, membentang dari Boston, Massachusetts, ke Seattle, Washington. Jalan raya ini sebagian besar sejajar dengan Rute 20 AS dan melewati 13 negara bagian. Konstruksi jalan dimulai pada 1950-an, dan seluruh jalan selesai pada tahun 1985 (menggabungkan jalan yang ada untuk sebagian besar rutenya).

10. Interstate 80 (I-80), AS

Interstate 80 (I-80) adalah jalan raya sepanjang 4.666km. Jalan ini atau dikenal juga sebagai Christopher Columbus Highway. Jalan raya ini dimulai dari persimpangan US Route 101 di San Francisco, California, dan berakhir di New Jersey, yang membentang sejauh 68 km, yang disebut Bergen-Passaic Expressway. Jalan ini melewati 11 negara bagian di AS.

Nah, itu tadi daftar jalan tol terpanjang di dunia beserta negaranya. Detikers jadi sudah tahu kan, apa nama jalan tol terpanjang di dunia?

Lihat juga video 'Kepala BPJT: 2024 Tak Ada Lagi Gerbang Tol di Indonesia!':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT