ADVERTISEMENT

Mau Investasi Emas? Simak dulu Tips Ini

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 15:27 WIB
Gold prices
Investasi Emas/Foto: Getty Images/iStockphoto/Aslan Alphan
Jakarta -

Di tengah kondisi ekonomi saat ini sudah banyak orang yang mulai melek investasi. Investasi sendiri memang penting untuk dilakukan sejak dini, sebab hal itu berguna untuk kesejahteraan hidup dalam jangka panjang.

Investasi sendiri memiliki banyak jenis, mulai dari obligasi, reksadana, saham, properti, hingga logam mulia emas. Setiap jenis investasi ini punya plus minus tersendiri.

Namun salah satu jenis investasi yang cukup populer dari dulu hingga kini adalah investasi emas. Investasi jenis ini seringkali menjadi salah satu incaran masyarakat untuk lindungi aset.

Menurut financial planner Christopher Rodjito, harga logam mulia emas kerap meningkat setiap ada ketidakpastian ekonomi karena dianggap sebagai alat lindung nilai.

"Emas atau logam mulia adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas. Karena karakternya terbatas, dan juga kekuatannya dalam mempertahankan kemurniannya, logam mulia seringkali dianggap dapat memberi nilai tambah kepada benda-benda lain yang dilapisinya," kata Christopher pada HaiBunda sebagaimana dikutip detikcom.

"Setiap ada ketidakpastian ekonomi, harga emas ini (secara historis) akan meningkat. Karena emas dianggap sebagai alat lindung nilai," sambungnya kemudian.

Lebih lanjut, Christopher mengatakan bahwa investasi emas ini bukanlah investasi yang ditujukan dalam jangka pendek. Kekuatan emas sebagai alat lindung nilai menjadikan emas kekuatan tersendiri bagi mereka yang memiliki.

Karenanya bila masyarakat ingin berinvestasi pada logam mulia emas, yang bersangkutan harus terlebih dahulu memastikan cashflow sudah aman. Usahakan juga untuk memberi emas yang masih berbentuk logam mulia atau batangan, dan bukan dalam bentuk perhiasan.

"Beli di tempat yang terpercaya dan pastikan tempat penyimpanannya aman," tambah Christopher.

Selengkapnya klik halaman berikut ini.

Simak juga Video: Nabung Emas Digital Lebih Untung Karena...

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT