ADVERTISEMENT

Pengusaha Sepatu Ini Bagi Tips Bisnis Online Biar Dapat Banyak Konsumen

Nada Zeitalini - detikFinance
Kamis, 16 Jun 2022 19:38 WIB
Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak roda ekonomi Indonesia. Oleh sebab itu, para pegiat UMKM diharapkan mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan sehingga bisa turut menyukseskan bisnisnya.

Salah satu tips sukses mengembangkan bisnis online datang dari pemilik brand Amazara, yakni Uma Hapsari. Amazara merupakan UMKM asal Yogyakarta yang fokus berjualan sepatu perempuan sejak tahun 2015.

"Berjualan online adalah cara efektif saya untuk memperluas pasar. Kini, jumlah pelanggan saya mengalami peningkatan setiap bulannya dan mampu memproduksi ribuan sepatu," ucap Uma dalam keterangan tertulis, Kamis (16/6/2022).

Uma melakukan beberapa cara untuk mendukung bisnis onlinenya bisa bertahan dan sukses. Ia pun membagikan beberapa tips sukses untuk mengembangkan bisnis online yang salah satunya dilakukan lewat Tokopedia sebagai berikut.

1. Ciptakan Produk yang Berbeda dan Disukai Pasar

Sangat disarankan untuk menjual produk yang dicari dan dibutuhkan masyarakat. Pastikan kualitasnya baik serta memiliki keunikan agar semakin menarik perhatian pembeli.

2. Inovasi Produk secara Berkala

Sejak awal berdiri pada 2015, Amazara hanya menjual alas kaki jenis slip-on. Uma pun mulai jeli melihat kebutuhan pasar dan kini berinovasi dengan merilis jenis lainnya seperti heels, sneakers, flat shoes, dan sandal.

3. Gunakan Fitur dan Aktif Ikuti Kampanye

Dengan Inisiatif Hyperlocal, Tokopedia memberikan berbagai fitur. Salah satu yang difavoritkan Amazara adalah fitur Rilisan Spesial. Fitur ini memudahkan penjual untuk promosi launching produk baru dengan berkesempatan masuk di berbagai halaman strategis Tokopedia sehingga lebih mudah menarik pembeli.

Amazara juga selalu update informasi dan rutin mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia. Diantaranya adalah Women In Style dan Waktu Indonesia Belanja (WIB). Kedua kampanye ini tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga menaikkan brand awareness.

4. Manfaatkan Gudang Pintar

Demi menjangkau pembeli hingga ke seluruh Indonesia, Uma memanfaatkan fasilitas gudang pintar Dilayani Tokopedia. Sejak menggunakan layanan ini, kini pembeli Amazara di luar Pulau Jawa meningkat drastis dan bisa menjangkau pembeli hingga ke Papua.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT