ADVERTISEMENT

Pengusaha Sepatu Ini Bagi Tips Bisnis Online Biar Dapat Banyak Konsumen

Nada Zeitalini - detikFinance
Kamis, 16 Jun 2022 19:38 WIB
Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia

Menurut data Mei 2022 yang dirilis oleh Tokopedia, transaksi rata-rata para penjual setelah menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat hampir 4x lipat dibanding sebelum menggunakan Dilayani Tokopedia, dengan peningkatan transaksi tertinggi sebanyak 181x lipat.

5. Semangat Kolaborasi

Salah satu kunci memperkuat bisnis adalah dengan berinovasi dan berkolaborasi. Seperti Amazara yang bekerja sama dengan pabrik hingga industri rumahan di berbagai daerah, seperti Sidoarjo, Bandung, Bogor dan Jakarta. Amazara juga memberdayakan perempuan dalam usahanya, di mana 90 persen dari anggota tim Amazara adalah perempuan.

"Kami mulai dengan pengrajin sepatu di Bogor. Tiga tahun kemudian, saat usaha semakin berkembang, kami membuat tempat produksi sendiri di Jakarta. Namun saat ini kami lebih memilih untuk tidak memiliki tempat produksi sendiri, melainkan berpartner dengan produsen yang lebih ahli di bidangnya. Memang tidak mudah menemukan partner yang tepat, karena perhatian kami terhadap detail dan quality control sangat tinggi. Itulah kenapa masing-masing pengrajin memiliki fokus pekerjaan yang berbeda, sesuai dengan keahlian masing-masing. Sekarang pengrajin kami berasal dari berbagai daerah di pulau Jawa, seperti Sidoarjo, Bandung, Bogor dan Jakarta," jelas Uma.

Uma menegaskan kesuksesan brand Amazara tentu diraih berkat tekad dan strategi berjualan serta dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. Seperti langkah Tokopedia yang terus mendukung UMKM seluruh Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan fasilitas gudang pintar Dilayani Tokopedia.

Associate Vice President of Fulfillment Samuel Simanjuntak menambahkan kehadiran gudang pintar Dilayani Tokopedia kini sudah ada di wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang.

"Jumlah wilayah ini akan terus bertambah ke depannya. Jakarta, Surabaya, dan Bandung adalah tiga kota dengan aktivitas gudang pintar tertinggi pada kuartal I 2022. Dengan adanya kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, harapannya dapat membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM agar mampu meraja di negeri sendiri," ucap Samuel.


(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT