ADVERTISEMENT

Cara Mudah Cek Tarif Tol Pakai Google Maps

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 17 Jun 2022 10:45 WIB
Sejumlah kendaraan keluar pintu Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (30/3/2022). PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan mulai memberlakukan penyesuaian tarif berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 30 Maret 2022 yaitu kenaikan sebesar tiga persen daripada tarif sebelumnya. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
Cara Cek Tarif Tol Pakai Google Maps/Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Jakarta -

Raksasa teknologi Google telah menambahkan fitur terbaru di layanan navigasi Google Maps miliknya. Kini aplikasi itu tak hanya berguna sebagai penunjuk jalan, tetapi juga menampilkan tarif tol di Indonesia.

Kehadiran fitur informasi tarif tol di Google Maps ini akan memudahkan pengguna kendaraan, apakah akan menggunakan rute jalan biasa atau melalui jalan tol setelah mengetahui biayanya.

Mengingat sekarang untuk menggunakan jalan tol harus pakai kartu tol. Dengan hadirnya fitur informasi tarif tol di Google Maps ini bisa membuat pengguna menyiapkan saldo di e-Toll tersebut sekaligus cek tarif tol yang akan dilalui.

"Untuk membantu mempermudah pilihan antara jalan tol dan jalan biasa, kami meluncurkan harga tol di Google Maps untuk pertama kalinya," tulis Google sebagaimana dikutip detikcom, Selasa (14/6/2022).

Dalam menampilkan tarif tol ini, Google mengambil datanya berdasarkan data informasi dari otoritas tol. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir informasinya keliru.

Menurut Google, fitur informasi tarif tol di Google Maps ini tersedia di hampir 2.000 jalan tol yang ada di Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Indonesia. Adapun untuk fitur itu dapat dipakai di perangkat berbasis Android maupun iOS

Lantas bagaimana cara menggunakan cek tarif tol menggunakan Google Maps ini?

Sebenarnya cara cek tarif tol ini sangatlah mudah. Penggunaannya sama dengan bagaimana menggunakan aplikasi Google Maps pada umumnya.

Cara Cek Tarif Tol Pakai Google Maps

1. Buka aplikasi Google Maps
2. Tentukan dan tulis alamat awal perjalanan kita dan alamat tujuan perjalanan.
3. Pastikan bahwa opsi perjalanan yang dilakukan menggunakan mobil.
4. Di bagian tab bawah, biasanya Google Maps akan menampilkan beberapa pilihan jalur atau jalan yang dapat kita tempuh, termasuk jalan tol.
5. Google Maps juga akan menampilkan estimasi waktu, jarak, serta biaya tol jika jalan yang kita pilih adalah jalan tol.
6. Jika tarif tol belum bisa muncul, cobalah untuk memperbaharui aplikasi Google Maps atau mengatur fitur "lihat tarif kartu tol" pada Setelan Navigasi atau Settings.
7. Tarif tol pun akan segera muncul sesuai rute yang telah dipilih.

Demikian fitur cek tarif tol Google Maps, mudah kan detikers! Buruan coba fitur terbaru dari Google ini agar perjalanan kita bisa lancar dan menyenangkan tanpa khawatir memilih rute yang salah.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT