ADVERTISEMENT

Mentan Pastikan Vaksin PMK Disebar Gratis!

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 17 Jun 2022 11:11 WIB
Vaksin PMK
Foto: Dok. Kementerian Pertanian
Jakarta -

Sebanyak 800 ribu dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat dini hari, (17/6/2022).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menerima secara langsung vaksin itu mengatakan vaksin PMK tersebut akan dibagikan secara gratis. "Kalau ini gratis," jawabnya, saat di tanya awak media.

SYL mengakui wabah PMK menyebar begitu cepat dan memicu kekhawatiran di tengah masyarakat. Oleh karena itu diharapkan vaksin bisa menjadi solusi.

"Oleh karena itu, kita berpacu dengan tatanan PMK, tatanan wabah baru. Salah satu cara bagaimana mengeliminasinya dengan hadirnya vaksin," ujar dia.

Vaksin kedua ini akan langsung didistribusikan melalui pemerintah daerah dan posko darurat PMK yang diprioritaskan kepada daerah zona merah dan kuning.

Sejauh ini, penyebaran PMK paling tinggi masih berada di area lalu lintas hewan baik melalui darat maupun tol laut. Kedua titik ini menjadi laju vital karena selalu ada saja peternak yang nekat menerobos jalur tikus. Dari sana virus PMK menyebar secara cepat, terutama dari kandang ke kandang.

"Lalu lintas hewan menjadi salah satu sumber terjadinya pembawa wabah, oleh karena itu kita berharap diperjalanan lalu lintas hewan melalui laut, darat, dan udara melalui pengecekan karantina. Kita berharap yang di darat juga begitu, tentu saja karena banyak jalan-jalan tikus yang menjadi tantangan tersendiri," katanya.



Simak Video "Ini Tata Cara Vaksinasi PMK"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT