ADVERTISEMENT

Perusahaan Swasta RI Dapat Penghargaan Dunia, Apa Itu?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 18 Jun 2022 10:58 WIB
Direktur Sampoerna Elvira Lianita
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) menerima Sustainability Business Award 2021/2022 untuk kategori Highly Commended for Strength & Quality of Sustainability Programs pada 2 Juni 2022 lalu melalui acara yang digelar secara daring. Penghargaan oleh Global Initiative ini diberikan kepada perusahaan yang memiliki komitmen keberlanjutan yang sangat kuat dan menunjukkan usaha yang konsisten dalam berbagai area keberlanjutan serta memiliki peta jalan yang baik.

Saat ini, Sustainability Business Award mencakup lima negara yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand. Di Indonesia, Global Initiative bekerja sama bersama mitra lokal PwC Indonesia, Dewan Bisnis Indonesia untuk Pembangunan Berkelanjutan (IBCSD), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Direktur Urusan Eksternal Sampoerna, Elvira Lianita, perusahaannya bangga menjadi salah satu yang menerima penghargaan ini. Ia juga memberikan apresiasi kepada Global Initiative yang secara konsisten memberikan pengakuan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen keberlanjutan yang konsisten.

Ia mengatakan, payung program Sampoerna berpegang pada empat pilar, yakni mendorong keunggulan operasional, mengelola dampak sosial, mengurangi jejak lingkungan, dan melakukan transformasi bisnis melalui sejumlah inovasi. Menurutnya, empat pilar ini menjadi hal penting bagi bisnis dan pemangku kepentingan perusahaan.

Situasi pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, kata Elvira, perusahaan meresponsnya dengan bergerak sangat gesit, mengikuti inovasi, dan mempertahankan operasi bisnis. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa Sampoerna berkomitmen mendukung upaya pemerintah mewujudkan kekebalan komunal dan pemulihan ekonomi nasional.

Ia menekankan, program-program ini sejalan dengan filosofi tiga tangan Sampoerna, yang salah satunya adalah berkontribusi kepada masyarakat luas. "Merupakan komitmen kami untuk berkontribusi demi kemajuan Indonesia yang berfokus pada konsumen dewasa, karyawan dan mitra bisnis, serta masyarakat luas," kata Elvira.

Pilar pertama ialah mendorong keunggulan operasional. Pilar ini dilakukan dengan fokus pada dampak ekonomi, integritas bisnis, manajemen rantai pasok, praktik pemasaran dan penjualan yang bertanggung jawab.

Salah satu contoh penerapan pilar ini, dalam hal praktik pemasaran dan penjualan yang bertanggung jawab, Sampoerna memastikan pemasaran dan penjualan dilakukan dengan tetap memastikan kepatuhan perusahaan pada aturan yang berlaku.



Simak Video "BPS: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal II-2022 5,44%"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT