ADVERTISEMENT

Rahasia CT Sukses Bangun Kerajaan Bisnis Dengan Ilmu 'Dokter'

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 20 Jun 2022 12:59 WIB
Pengarahan CT detiknetwork
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Nama Chairul Tanjung dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Saat ini di bawah bendera CT Corp, bisnisnya bergerak di sektor media, jasa keuangan, perdagangan, hingga hiburan.

Forbes mencatat, pada 2022 Chairul Tanjung masuk daftar orang terkaya urutan ke-3 dengan total kekayaan sebesar US$ 7,5 miliar atau Rp 109,5 triliun. Namun, kesuksesannya saat ini tidak didapatkan dengan instan. Bisnis kecil-kecilan juga pernah dilakoni CT pada masa-masa kuliahnya.

"Banyak yang merasa bahwa usaha yang tengah saya jalankan 'berkesan' masuk ke semua sektor dan bermaksud membangun konglomerasi. Padahal, kelompok usaha kami sangat fokus, hanya fokus pada consumer business," ungkap CT dalam buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' yang disusun oleh Tjahja Gunawan Diredja, dikutip Senin (20/6/2022).

CT mengaku mempunyai prinsip bahwa sebuah bisnis harus didukung oleh tenaga ahli di bidang itu agar bisa menjadi juara. CT ingin bisnis yang dipegangnya bisa menjadi pemimpin alias tidak setengah-setengah.

CT mencontohkan di dunia media televisi misalnya. Meskipun punya televisi, bukan berarti perusahaannya tak mampu membuat koran, majalah, radio, atau lainnya.

"Tapi saya melihat di usaha-usaha tersebut akan sangat sulit kami menjadi nomor satu sehingga saya tak akan masuk ke bidang tersebut. Namun, di bidang industri media digital, kami telah memiliki portal berita online. Ke depannya akan dikembangkan menjadi koran digital dan majalah digital, atau bentuk lainnya," tulis CT.

Menurutnya, tidak mungkin Ia terjun dalam bentuk usaha apa pun apabila dalam kurun waktu tertentu, 10 tahun misalnya tidak menjadi juara. Di bidang gaya hidup dan dunia hiburan, perusahaan miliknya memfokuskan diri pada konten, bukan pada sarana dan prasarana. Contohnya, hampir semua acara di Trans TV maupun Trans 7, dibuat atau diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pemirsanya.

Contoh tidak kalah penting lainnya, adalah sektor keuangan yang tergabung dalam payung Mega Corp. Di CT Corp sektor keuangan merupakan salah satu pilar karena mengalirkan uang dan uang ini seperti darah dalam sebuah tubuh manusia. Apabila darah kurang di dalam tubuh, maka dipastikan lemas dan tidak bisa bergerak.

"Sering saya pakai analogi seperti ini mengingat saya dokter yang masih legal menuliskan resep sendiri saat sakit. Seperti halnya gambaran tiap anggota tubuh yang terikat dalam satu sistem, terintegrasi dan bersinergi, begitu pula CT Corp digerakkan," kata CT.

Salah satu kata kunci di dalam bisnis sukses CT yang dia kembangkan adalah 'sinergi'. Artinya, ada keterkaitan dan kerja sama usaha antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya.

CT mengaku di Indonesia sendiri, dirinya kenal cukup banyak konglomerat dan bekerja sama dengan mereka. Ia mencoba melihat dan perhatikan detail antara satu unit satu dan lainnya dalam grup internal. CT sendiri mengatakan di lingkungan CT Corp, sinergi merupakan modal spirit paling utama.

Salah satu unsur key performance indicator (KPI) terbesar dari seorang chief executive officer (CEO) adalah seberapa jauh dia bisa menghasilkan kontribusi, dalam bentuk sinergi dengan perusahaan-perusahaan yang lain.

Dalam setiap rapat internal di lingkungan CT Corp, CT selalu berbicara tentang semua profesional itu harus punya jiwa pengusaha. Ia mengarahkan sedemikian rupa agar para pemimpin perusahaan lebih berani mengambil keputusan, lebih bisa melihat segala sesuatu lebih baik, lebih luas, lebih bersinergi, atau digilas mati.

Menurut CT, entrepreneurship sangat penting karena dia mengangkut daya kreativitas dan daya juang. Tapi, jika tidak dibarengi dengan ilmu pengetahuan yang memadai, pada akhirnya tak akan mungkin mampu bertahan pada zamannya. Diperlukan kombinasi antara ilmu pengetahuan, skill, profesionalisme, dan entrepreneurship untuk bisa bersaing dalam kancah dunia usaha saat ini.

Penasaran dengan cerita inspiratif CT lainnya? detikers bisa mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan CT lho! Cukup Download E-Book dan Download E-Book & Bertemu CT (klik di sini).

Untuk login pastikan kamu telah memiliki akun MPC atau sebagai nasabah dari Allo Bank. Login dengan masukan nomor telepon dan password akun MPC atau Allo Bank. Bagi yang ingin mengunduh e-book sekaligus mendaftar acara "Makan Malam dan Dialog Bersama Chairul Tanjung" wajib memiliki Allo Prime dan menjawab pertanyaan pada form pendaftaran.

Setelah menjawab pertanyaan, e-book sudah langsung bisa diunduh. Sedangkan, pengumuman orang yang berkesempatan makan malam bareng dengan CT akan diumumkan Senin, 25 Juli 2022.

Sebagai informasi, kesempatan makan malam dan ngobrol bareng CT hanya untuk 60 orang terpilih. Undangan hanya untuk satu orang dan tidak dapat dialihkan. Bagi 60 peserta terpilih pada tanggal 28 Juli 2022 wajib melakukan pendaftaran ulang di Lobby Gedung Transmedia Tendean, Jakarta Selatan pukul 16.00 WIB dan mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah ditentukan. Jangan sampai kelewatan ya!

Simak juga Video: Tanda Syukur Ulang Tahun ke- 60, CT Bagikan E-Book dan Undang Makan Malam

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT