ADVERTISEMENT

Banyak Mana, Gerai Indomaret Atau Alfamart?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Senin, 20 Jun 2022 14:29 WIB
Salah satu gerai Alfamart
Gerai Alfamart dan Indomaret Banyak Mana?Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikcom
Jakarta -

Ada Indomaret pasti ada Alfamart. Kira-kira begitulah pandangan banyak orang terhadap kedua gerai minimarket tersebut. Kedua minimarket tersebut selalu berdekatan dan cukup mudah ditemui.

Kalau dibandingkan, kira-kira gerai mana yang lebih banyak, Indomaret atau Alfamart?

Gerai Indomaret

Mengutip situs resminya, Indomaret berkembang sangat pesat dengan jumlah gerai toko pada Maret 2022 19.891. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk.

Kini, keberadaan Indomaret makin diperkuat dengan kehadiran Indogrosir, anak perusahaan dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.

Indomaret sendiri mulanya membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari- hari, melayani masyarakat umum yang bersifat majemuk, serta memiliki luas toko sekitar 200 m2.

Seiring dengan perjalanan waktu dan kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata dan apartemen.

Dalam hal ini terjadilah proses pembelajaran untuk pengoperasian suatu jaringan retail yang berskala besar, lengkap dengan berbagai pengalaman yang kompleks dan bervariasi.

Gerai Alfamart

Sementara untuk Alfamart, berdasarkan situs resminya, dalam 20 tahun berdiri atau per 2019, minimarket itu tersebar hingga 14.300 lebih gerai sudah beroperasi. Selain itu, Alfamart juga memiliki 750 lebih gerai yang beroperasi di Filipina dengan total 3 gudang.

Untuk Alfamart, sejarahnya berdiri sejak tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga. Mereka mengawalainya dengan usaha di bidang perdagangan dan distribusi.

Alasan Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan

Ada 5 alasan kenapa Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan. Apa saja?

1. Menarik Pasar yang Lebih Luas

Alasan utama di balik 'fenomena' ini adalah strategi marketing. Kedua gerai tentu bertujuan agar mereka mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Jadi, mereka akan memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory.

Hotelling Theory adalah teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya. Teori tersebut akan berfokus pada pemilihan lokasi. Presentasi keuntungannya sudah pasti 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen.

2. Mengusung Keunggulan yang Berbeda

Di mata konsumen, Indomaret dan Alfamart mungkin terlihat seperti saudara kandung yang memiliki banyak persamaan. Namun, keduanya mengakui bahwa mereka memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang mengusung keunggulan dari segi harga lebih murah, kapasitas toko lebih luas, pelayanan lebih ramah atau kenyamanan suasana.

Apa lagi alasan Indomaret dan Alfamart berdekatan? Klik halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT