ADVERTISEMENT

Buka Akses Ekspor UMKM, BNI Gaet Perusahaan Diaspora di Hong Kong

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Selasa, 21 Jun 2022 16:22 WIB
BNI
Foto: dok. BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk. (BNI) bekerja sama dengan PT. Forever Harvest Success sebagai perwakilan perusahaan-perusahaan milik diaspora yang menjadi supplier wholesale dari 80 toko ritel rekanan di Hong Kong, Forever Harvest Co., Ltd. Lewat kerja sama ini, BNI memberi akses untuk UMKM Jawa Barat agar mengekspor produknya dan memenuhi permintaan Forever Harvest.

Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan menyampaikan BNI sebagai bank pemerintah mendapat mandat Go Global dan melakukan berbagai upaya untuk memperluas basis pasar. Hal itu bertujuan agar memberikan nilai tambah bagi UMKM sekaligus ekonomi nasional.

"Kami memfasilitasi para pelaku UMKM Jawa Barat yang berorientasi ekspor untuk bisa bertemu dan menjajaki kemitraan dengan PT. Forever Harvest Success, sehingga diharapkan agar ke depannya para pelaku UMKM ini dapat menjadi mitra supplier dari Forever Harvest Co., Ltd dan sukses menembus pasar Hong Kong," kata Henry dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (21/6/2022).

Henry mengulas sepanjang Januari-Mei 2022, BNI mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor secara year-on-year sebesar 30,62%. Inisiatif kerja sama dengan Forever Harvest Success pun dinilai sebagai salah satu langkah strategis guna mengoptimalkan daya saing para pelaku UMKM berorientasi ekspor khususnya di Jawa Barat.

Dengan adanya langkah ini pelaku UMKM diharapkan memperoleh wawasan yang komprehensif serta meningkatkan kapasitas dan jangkauan bisnisnya sehingga mampu menembus pangsa pasar global.

Henry menambahkan pengembangan kerja sama strategis antara BNI dan PT. Forever Harvest Success ini juga diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan volume bisnis BNI melalui pemanfaatan produk dan layanan pembiayaan, cash management, trade finance, remittance, dan produk transactional banking lainnya.

Di samping itu, jelas Henry, melalui jaringan cabang BNI di luar negeri yang berlokasi di Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, New York, Seoul dan cabang terbaru di Amsterdam, BNI dapat memfasilitasi business matchmaking antara eksportir Indonesia dengan potential buyer.

"Selain itu cabang BNI di luar negeri dapat memberikan layanan advisory mengenai market insight dan regulasi lokal terkait custom dan tax, dan lain sebagainya, serta menyediakan skema pembiayaan khusus kepada para pelaku usaha Indonesia mulai dari skala korporasi, menengah, dan kecil sehingga mampu menembus pasar global," papar Henry.

Sekadar diketahui, penandatanganan MoU pada Selasa (21/6/2022) dilaksanakan oleh Pemimpin BNI Wilayah 04 Bandung Maya Agustina dan perwakilan Forever Harvest Co., Ltd Agus Mubarok dan disaksikan Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan di Bandung, Jawa Barat.

Penandatanganan MoU dibarengi dengan acara webinar BNI Regional Trade Talk Series di Kantor Wilayah 04 Bandung dengan mengusung tema 'UMKM Go Global : How to be an Excellent Exporter & Optimizing Global Market Opportunity'.

Melalui penyelenggaraan acara BNI Regional Trade Talk Series-Wilayah 04 Bandung, Henry mengatakan BNI berkolaborasi dengan sejumlah instansi terkait di Jawa Barat untuk memberikan paparan dan berbagi pengalaman seputar mencari peluang bisnis serta menjadi eksportir yang andal.

Dalam acara tersebut, BNI menghadirkan para narasumber ahli, di antaranya Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan & Humas Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat Fino Vianto, Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan Jawa Barat Iendra Sofyan.

Ada pula Senior Advisor ICC Indonesia Haryadi Sarpini, Tenaga Ahli Bidang Implementasi Hasil Perjanjian Perdagangan Internasional Ponirin Sugito, dan Perwakilan Forever Harvest Co., Ltd (Perusahaan Diaspora Indonesia di Hong Kong). Narasumber tersebut memaparkan beragam strategi dan kiat sukses bagi para pelaku UMKM Jawa Barat dalam upaya mengoptimalkan peluang bisnis untuk menembus pasar global.



Simak Video "BPS Catat Nilai Ekspor Juli 2022 Turun 2,20% mom"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT