ADVERTISEMENT

Pedagang Elus Dada, Harga Daging Sapi Rp 140.000/Kg tapi Nggak Ada yang Beli

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 22 Jun 2022 13:09 WIB
Harga pangan hari ini
Foto: Harga pangan hari ini (Shafira Cendra Arini/detik.com)

Pemandangan yang sama juga terlihat di Pasar Tebet Timur. Menurut pantauan dari detikcom, gerai-gerai daging penuh oleh daging sapi yang belum tersentuh oleh pembeli, berbanding terbalik dengan kondisi lorongnya yang kosong tanpa pengunjung.

"Di sini harganya Rp 150 ribu per kg. Semenjak PMK ngaruh juga. Tapi memang pasar ini sudah sepi dari semenjak habis lebaran, jadi dengan PMK makin sepi saja," ujar Acup, penjual daging sapi di pasar tersebut.

Acup mengatakan, harga daging di gerainya sempat turun Rp 5 ribu karena PMK. Meski begitu, menurutnya dibanding PMK, kenaikan harga pangan lainnya seperti cabai dan sayur mayur lah penyebab utama sepinya pengunjung di area daging.

"Kalau dari segi turun pendapatan ya ada lah setengahnya. Bisa dilihat seperti sekarang ini ngga ada yang beli. Gerai-gerai depan situ juga lagi pada libur, bisa jadi juga karena sepi pengunjung," tambahnya.

Munir, pedagang daging sapi lainnya di pasar tersebut mengatakan para pelanggannya justru lebih banyak mengeluhkan kenaikan harga sayur dan bumbu dapur dibandingkan dengan PMK.

"Mereka ngeluhnya di sayuran. Untuk PMK sebetulnya tidak terlalu ngaruh, ya meski ada juga sih yang tanya soal itu karena agak was-was. Tapi menurut saya memang seringnya sehabis lebaran peminat daging itu turun. Ya apalagi ditiban penyakit ini (PMK), udah sepi jadi makin-makin," ujar Munir.

Munir menambahkan, pun harga daging sapi masih stabil di tinggi sejak lebaran kemarin, bahkan sudah mengalami penurunan. Meski begitu, tetap saja harga tinggi ini memang sudah dipatok dari para distributornya sehingga sulit untuk menurunkan harga.


(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT