ADVERTISEMENT

Perjalanan Eks Mendag Lutfi dari Heboh Mafia Minyak Goreng-Diperiksa Kejagung

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 22 Jun 2022 14:36 WIB
Zulkifli Hasan dilantik menjadi menteri perdagangan menggantikan M Lutfi. Sertijab jabatan Menteri Perdagangan dilakukan di Auditorium Gedung Utama Kamendag, Jakarta.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom: Eks Mendag Muhammad Lutfi

Dirjen Kemendag bisiki Lutfi soal identitas mafia minyak goreng

Dalam kesempatan yang sama pada rapat dengan Komisi VI DPR RI itu, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana yang membisikan informasi terkait tersangka mafia minyak goreng kepada Lutfi.

Awalnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memang dicecar terkait mafia minyak goreng oleh anggota dewan. Hingga, ada momen Indrasari menghampiri Lutfi dan membisikkan informasi terkait tersangka mafia minyak goreng.

Pada momen tersebut, Lutfi tampak menyimak apa yang dikatakan Indrasari. Kemudian, diungkapkan informasinya kepada Komisi VI DPR RI. Demikian dilihat dari YouTube Komisi VI DPR RI.

"Jadi Pak Ketua saya baru dikasih tahu oleh Pak Dirjen Perdagangan Luar Negeri hari Senin sudah ada calon tersangkanya," kata Lutfi setelah mendapat bisikan dari Indrasari.

Dirjen Kemendag ditangkap Kejaksaan Agung

Sebulan kemudian setelah momen pihak Kemendag yang mengatakan telah memiliki nama mafia minyak goreng, Kejaksaan Agung mengumumkan empat tersangka kasus kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil atau CPO atau minyak goreng.

Tetapi siapa sangka, salah satu tersangka yang ditangkap oleh Kejagung adalah pejabat Kemendag yakni Indrasari Wisnu Wardhana selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Daglu Kemendag). Informasi ini membuat publik heboh dan beberapa tokoh pun ikut buka suara.

Indrasari ditangkap bersama 3 tersangka dari pihak swasta. Di antaranya Master Parulian Tumanggor (MPT) selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Stanley MA (SMA) selaku Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup (PHG), dan Picare Togare Sitanggang (PT) selaku General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas.

Selang sebulan, pada Mei 2022, juga ditetapkan tersangka baru kasus mafia minyak goreng ini. Tersangka itu adalah Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati.

Lutfi diperiksa Kejaksaan Agung

Eks Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pada masih menjabat juga telah mengeluarkan statement akan membantu dan memberikan informasi kepada Kejaksaan Agung. Pihaknya juga mendukung proses hukum yang berjalan.

Hingga kini proses kasus kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil atau CPO atau minyak goreng masih berjalan. Setelah tidak menjadi Mendag, Lutfi dipanggil oleh Kejaksaan Agung untuk menjadi saksi atas kasus tersebut.

Informasi awal terkait Lutfi dipanggil Kejagung telah dikonfirmasi oleh Direktur Penyidikan (Dirdik) pada Jampidsus Kejagung Supardi

"Betul (M Lutfi akan diperiksa terkait kasus minyak goreng, red)," ujarnya kepada detikcom, Selasa (21/6).

Supardi mengungkapkan M Luthfi akan diperiksa sebagai saksi. "Ya, saksi," kata dia.

Pemanggilan dilakukan hari ini, Rabu (22/6). Lutfi pun memenuhi panggilan tersebut untuk datang ke Kejaksaan Agung. Namun, saat kedatangannya, dia tidak memberikan komentar apapun ke awak media.


(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT