ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Agar Milenial Bisa Melek Keuangan?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 22 Jun 2022 13:00 WIB
Merayakan Bulan Inklusi Keuangan
Foto: detik
Jakarta -

Anak muda diharapkan menjadi agen perubahan untuk meningkatkan perekonomian. Manager World Bank Group Youth Summit 2022 O'Neall Massamba mengungkapkan karena itu anak muda butuh mendapatkan pendidikan yang baik untuk menikmati manfaat dari peluang ekonomi.

"Ini juga menjadi cara untuk mendorong inklusi," kata Massamba, Rabu (22/6/2022).

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Nurul Hidayatul Ummah, ketidaksetaraan mempengaruhi semua segmen masyarakat dan merugikan kelompok rentan, yang sering kali merupakan anak muda. Investasi SDM yang tidak memadai dan meningkatnya intoleransi di masyarakat menjadi beberapa tantangan terbesar yang dihadapi generasi muda saat ini.

"Populasi anak muda di dunia kini mencapai 1,8 miliar. Ini yang terbesar dalam sejarah. Anak muda sebenarnya bisa menjadi kekuatan hebat untuk mendorong pembangunan serta transformasi sosial dan ekonomi jika mereka diberikan keterampilan, pengetahuan, dan peluang yang mereka butuhkan untuk berkembang," ungkap Nurul.

Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Wisler Manalu menyampaikan dalam forum Y20 dapat menghasilkan rekomendasi terkait peningkatan kualitas SDM untuk meningkatkan kualitas hidup kaum muda.

"Fokus pada peningkatan kapasitas dan kualitas SDM pada generasi muda terbesar dalam sejarah dapat menjadi cara yang ampuh untuk mencapai pembangunan sosial," jelas Wisler.

Chief Business Officer Kipin.id Steffina Yuli menggarisbawahi adanya kesenjangan infrastruktur digital seperti koneksi internet antara perkotaan dan pedesaan. Untuk itu, Kipin.id menyediakan teknologi yang memungkinkan siswa mengakses materi pelajaran tanpa adanya internet.

"Perlu adanya solusi yang bisa menjembatani mereka tanpa harus menunggu kesiapan infrastruktur digital. Kita juga perlu memastikan solusi tersebut terjangkau," jelas Steffina.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT