ADVERTISEMENT

Makin Praktis! Buka Satu Aplikasi Bisa Langsung Naik KRL Sambil Pesan Gojek

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 22 Jun 2022 16:02 WIB
Lounge Gojek di Sirkuit Mandalika.
Foto: dok. GoTo
Jakarta -

Para pengguna jasa kereta rel listrik (KRL) atau commuter line makin dimanjakan. Pasalnya, kini pesan tiket KRL bisa dilakukan dari handphone atau telpon genggam melalui aplikasi Gojek.

Lewat fitur GoTransit, penumpang bisa langsung mendapat rekomendasi rute untuk sampe ke tujuan. Tidak hanya itu, dengan adanya fitur ini, semakin mudah untuk kita dalam merencanakan perjalanan dan melihat estimasi biayanya.

Integrasi ini dikukuhkan lewat kolaborasi strategis antara Goto dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melalui GoTransit, yang diumumkan lewat konferensi pers dan peresmiannya hari ini, Rabu (22/06/2022) di Stasiun Juanda.

Fitur GoTransit sendiri telah di launching pada November 2021 silam, di mana pada saat itu fitur integrasi yang tersedia barulah dalam melihat jadwal transportasi umum seperti KRL dan Trans Jakarta. Kini fitur tersebut telah beranjak menuju ke level yang lebih tinggi.

"Hari ini yang kita launching adalah satu langkah yang lebih dekat lagi. Bagaimana kita memberikan solusi supaya kedepannya for the customer movement-nya supaya lebih conviniance lagi. Ini menjadi PR kita bersama," ujar Direktur GoTo sekaligus Head of Indonesia Sales & Ops Gojek Catherine Hindra Sutjahyo.

Catherine mengatakan, menurut data yang diperoleh Goto, 50% pengguna Gojek atau satu dari dua penggunanya menuju atau dari stasiun. Sehingga langkah integrasi ini diharapkan dapat memberikan layana terbaik bagi masyarakat, semudah dan selancar mungkin.

"Ini pilihan. Satu dari 2 pengguna gojek menggunakan KRL juga. Jadi yang kita tawarkan biar mereka nggak perlu ngeluarkn kartu lagi dan buka dompet lagi," tambahnya.

Catherine juga menambahkan, layanan pembelian tiket KRL ini baru permulaan atau langkah kedua setelah layanan akses jadwal transportasi umum itu sendiri. Kedepannya, Goto dan KCI masih akan melalui tahapan-tahapan kerjasama lainnya, termasuk soal bundling pembayaran.

"Kolaborasi ini diharapkan sebagi solusi untuk menjadi ekosistem transportasi urban di Indonesia. Bagaimana itu bisa menjadi suatu pilihan dari ekosstem yang sudah tersedia, bisa menjadwalkan waktu dari rumah sampai ke tempat tujuan. Dengan satu waktu yang sudah diatur, dan satu sistem pembayaran yang lebih mudah bagi para pengguna," ujar Direktur Utama PT KCI Roppiq Lutzfi Azhar.

Sebagai tambahan informasi, acara konferensi pers ini dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Jasa Logistik Kementerian BUMN Desty Arlaini, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Moh Risal Wasal, Direktur GoTo sekaligus Head of Indonesia Sales & Ops Gojek Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur Utama PT KCI Roppiq Lutzfi Azhar, dan Direktur Niaga PT KAI (Persero) Hadi Surya Palapa sebagai pembicara.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dijadwalkan akan hadir. Namun pada akhirnya, posisinya digantikan oleh Desty.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT