ADVERTISEMENT

Tahu Cloud Kitchen? 'Restoran Hantu' yang Jadi Cara Baru Jual Makanan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 22 Jun 2022 16:24 WIB
Cloud Kitchen Juga Perlu Kantongi Sertifikat Halal
Cloud Kitchen, 'Restoran Hantu' yang Jadi Cara Baru Jual Makanan/Foto: Getty Images/ASKA
Jakarta -

Pernahkah detikers membeli makanan melalui aplikasi ojek online tapi tidak ada restoran fisik? Jika iya, itu merupakan jenis cloud kitchen atau bisnis dapur bersama yang menyediakan fasilitas untuk produksi makanan dari berbagai merek kuliner atau makanan dan minuman.

Tren cloud kitchen ini mulai berkembang pesat ketika pandemi COVID-19 melanda yang membuat mobilitas orang terbatas, tak bisa bepergian, hingga mal dan restoran tutup.

Cloud kitchen memberikan solusi bagi pelanggan untuk tetap bisa membeli makanan dan dibawa pulang. Kini sudah banyak jenis cloud kitchen yang menyediakan berbagai jenis makanan.

Salah satunya adalah Yummy Kitchen yang kini sudah memiliki 100 titik cloud kitchen di empat kota besar di Indonesia. CCO Yummy Corp Marbio Suntanu mengungkapkan tren bisnis cloud kitchen ke depan masih akan terus berkembang.

Hal ini karena cloud kitchen tidak membutuhkan modal yang terlalu besar seperti membuka restoran biasa. "Dalam cloud kitchen ini yang paling penting adalah bagaimana caranya untuk menjangkau fanbase yang sudah menyukai makanan itu dan tahu makanan itu. Ke depan, model bisnis makanan akan terus berkembang dan dinamis," kata dia dalam talkshow di Yummy Kitchen Trinity Tower, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

Dia menjelaskan dalam bisnis makanan dan minuman ini ke depan masih tetap berjalan, karena orang masih membutuhkan makanan. Apalagi tren kesibukan masyarakat yang membuat tak sempat masak membuat dapur-dapur bersama ini menjadi sangat dibutuhkan.

Food & Lifestyle Influencer @Myfunfoodiary Mullie Marlina mengungkapkan jika cloud kitchen akan terus berkembang. Hal ini karena makin banyak orang yang ingin membuka usaha makanan namun masih takut atau terkendala dana.

"Banyak orang yang produk makanannya enak dan punya banyak penggemar tapi tidak tahu harus mulai lewat mana. Dengan cloud kitchen ini bisa langsung diskusi dan ikut platform. Investasi tanpa modal dan bertumbuh bareng-bareng bersama pengelola dan brand-nya," jelas dia.

Simak juga Video: Rusia Resmikan Restoran Cepat Saji Lokal Pengganti McDonald's

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT