Top! Ini 10 Perusahaan Raksasa yang Mulai Bisnisnya dari Garasi

ADVERTISEMENT

Top! Ini 10 Perusahaan Raksasa yang Mulai Bisnisnya dari Garasi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 18:30 WIB
Logo Microsoft
Foto: Getty Images
Jakarta -

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa perusahaan-perusahaan raksasa global pertama kali membangun bisnisnya di dalam garasi.

Ketika kita memikirkan perusahaan-perusahaan raksasa global seperti Microsoft, Amazon, hingga Apple, yang pertama kali terlintas dalam pikiran kiita adalah sebuat perusahaan dengan kantor yang besar dan mewah.

Padahal sebenarnya, begitu banyak bisnis besar yang dimulai dari garasi rumah. Termasuk beberapa perusahaan paling sukses dan bernilai tinggi di dunia, dimulai dari garasi.

Lantas perusahaan raksasa apa saja yang memulai bisnisnya dari garasi? Melansir dari situs wealthygorilla.com, berikut 10 perusahaan raksasa yang memulai bisnisnya dari garasi:

1. Microsoft

Bill Gates dan Paul Allen pertama kali mendirikan Microsoft pada tahun 1975 di sebuah garasi kecil sebagai ruang kerja mereka. Saat itu mereka hanya memiliki sedikit sumber daya untuk membangun sebuah perusahaan.

Namun sistem operasi (OS) pertama yang mereka bangun dapat dilisensikan oleh mereka dengan jumlah sekitar US$ 80.000. Mereka kemudian melanjutkan untuk menangani proyek perangkat lunak yang lebih canggih beberapa tahun kemudian, saat itulah Windows lahir.

2. Dell

Michael Dell adalah pengusaha terkenal lainnya yang putus kuliah. Dia mulai menjalankan bisnisnya pada tahun 1984 di garasi.

Kemudian hanya 1 tahun setelah dia keluar dari perguruan tinggi; ia pindah ke Austin Utara untuk memperluas perusahaan dari kantornya sendiri. Tapi berkat itu Dell kini telah menjadi salah satu pesaing terkuat di pasar teknologi.

3. Google

Larry Page dan Sergey Brin pertama kali mendirikan Google pada tahun 1998, di sebuah garasi di California yang diberikan kepada mereka oleh Susan Wojcicki.

Mereka membutuhkan waktu lima bulan untuk membuat Google. Namun berkat itu Google sekarang berhasil menjadi perusahaan bernilai lebih dari US$ 350 miliar.

4. Amazon

Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994, dan awalnya hanya sebuah toko buku online kecil. Pada saat dia mendirikan Amazon, dia beroperasi dari garasi rumahnya di Bellevue, Washington.

Baru setahun kemudian dia bisa menjual buku pertamanya. Namun segera setelah bisnis mulai berkembang dan kini telah menjadi pengecer online terbesar di dunia.

5. Apple

Raksasa teknologi Apple didirikan pada 1976 oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Adapun projek pertama perusahaan ini adalah merakit dan menjual 50 unit Apple I Wozniak ke pengecer lokal.

Mereka perlahan-lahan meningkatkan teknologi mereka dan memperkenalkan sistem baru, dan Apple kini telah menjadi perusahaan teknologi terbesar dan paling berharga di dunia.

6. Hewlett Packard (hp)

HP awalnya dimulai sebagai klub teknologi kecil bernama 'Silicon Valley', yang didirikan oleh Bill Hewlett dan Dave Packard pada 1939. Keduanya awalnya hanya memiliki $538 untuk diinvestasikan, yang saat itu bernilai jauh lebih banyak daripada sekarang, dan mereka memulai dengan menjual berbagai macam produk.

Hewlett Packard kemudian mulai lebih mengkhususkan diri ke pasar teknologi, dan berhasil menjadi sukses seperti sekarang ini; salah satu perusahaan komputer terbesar dalam bisnis.

7. Yankee Candles

Michael Kittredge baru berusia 16 tahun ketika dia mulai membuat lilin sendiri di garasinya. Lilinnya awalnya dimaksudkan hanya sebagai hadiah untuk ibunya di Hari Ibu, yang ia buat dengan melelehkan krayon.

Namun, tetangganya mulai menunjukkan minat dan ketika dia mulai menjualnya. Setelahnya dua teman sekelasnya bergabung dengannya untuk membantu membuat lilin.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dan tumbuh sangat besar dengan sangat cepat, dan pada tahun 1999 Michael memutuskan untuk menjualnya. Yankee Candles adalah salah satu produsen lilin terbesar dan terpopuler di dunia.

8. Disney

Disney merupakan salah satu perusahaan lain yang mungkin tidak kamu sadari sebenarnya didirikan di garasi. Walt Disney, saudaranya Roy dan pamannya Robert mulai membuat film komedi Alice's Wonderland di garasi Robert pada tahun 1923.

Sulit dipercaya seberapa jauh mereka telah datang sejak saat itu, mengingat mereka sekarang ini merupakan salah satu konglomerat media terlaris di dunia.

9. Harley Davidson

Pada 1901, William S. Harley merancang sebuah sepeda dengan mesin kecil. Arthur Davidson, teman Williams, bekerja dengannya untuk membuat sepeda motor ini di gudang kayu kecil di Milwaukee, Wisconsin.

Harley-Davidson resmi didirikan pada tahun 1903, dan kini setiap penggila motor menginginkan Harley-nya sendiri.

10. Mattel

Mattel didirikan di sebuah garasi di California selatan, pada tahun 1969. Harold Matson dan Elliot Handler, sang pendiri, menggunakan goresan bingkai foto untuk membangun rumah boneka.

Rumah boneka tersebut menjadi sangat populer, dan akhirnya terjual lebih baik daripada bingkai foto mereka, jadi mereka mengalihkan perhatian mereka ke industri mainan. Kini Mattel adalah produsen mainan terlaris hingga saat ini.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT