ADVERTISEMENT

Pria Yogya Dikira Pengangguran, Eh Ternyata Jagain Server Punya Singapura

Jalu Rahman Dewantara - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 11:24 WIB
Pria Kulon Progo ini kerap dikira pengangguran, padahal dia mengelola puluhan server di luar negeri.
Nurrohman/Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng
Jakarta -

Siapa sangka, pemuda desa yang hanya berdiam diri di rumah hingga kerap dicap pengangguran ini adalah seorang pekerja dari sebuah perusahaan asal Singapura?

Ialah Nurrohman (33), warga Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dia bekerja sebagai operational development engineer dan mengelola puluhan server perusahaan Singapura dari depan layar komputernya.

"Ya, sering banget itu (dikira pengangguran). Karena pertama nggak pernah keluar kerja," ujar Nurrohman ketika ditemui di rumahnya di Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo, Selasa (21/6/2022).

"Kalau tetangga-tetangga lain kan keluar kerja bantu di sawah. Kalau saya mungkin cuman keliatan kalau pas tetangga datang ke rumah, kalau pas waktu tidur atau bermain pasti keliatan nggak kerja," sambung dia seraya terkekeh.

Nurrohman telah bekerja di bawah naungan perusahaan asing sejak lima tahun terakhir. Dia bertanggung jawab menangani puluhan server asal luar negeri milik perusahaan Singapura tempat dirinya bekerja. Dia menyebut ada sekitar 50-70 server yang dikelola setiap harinya. Jumlah ini pun bisa bertambah saat ada event-event tertentu di negara seperti Singapura, Malaysia, Abu Dhabi dan beberapa negara lain klien perusahaannya.

"Saat ini saya kerja sebagai developer di perusahaan namanya Infrastructure Engineering tapi fokus posisi saya saat ini sebagai development operational (devop) aja. Jadi devop itu menyediakan misalnya kita devop menambah server mengurangi server ataupun melihat lot dari aplikasi, melihat apakah aplikasi itu bermasalah atau tidak, itu permintaan dari developer atau klien," ujar Nurrohman.

Mau tahu berita selengkapnya, klik berita di bawah ini



Simak Video "Dicap Pengangguran, Pemuda Desa Ini Kelola Puluhan Server Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT