Dorong Pemulihan Ekonomi, Produk Lokal yang Mendunia Punya Peran Penting

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 16:09 WIB
Wamendag
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Transisi pemulihan ekonomi nasional pasca gelombang pandemi covid-19 yang melanda 2 tahun terakhir, membuat geliat usaha perdagangan di dunia dan khususnya Indonesia tak terlepas geliat usaha produk lokal asli Indonesia.

Tenaga ahli Wamendag Gorby Tambunan menjelaskan, dengan semakin banyaknya produk lokal di pasa nasional akhir-akhir ini secara tidak langsung telah membantu mendongkrak stabilitas ekonomi Indonesia.

Gorby menambahkan, kreativitas masyarakat yang mampu menciptakan produk lokal dengan standar internasional perlu mendapat apresiasi.

Tak hanya itu, sebagai generasi millenial dirinya tidak malu dan justru bangga untuk menggunakan produk lokal dalam menunjang aktivitas sehari-hari sebagai tenaga ahli wamendag.

"Pada dasarnya kita sebagai generasi muda selain harus bangga menggunakan dan cinta produk lokal akan tetapi pemikiran kita juga harus go international. Karena menurut saya produk-produk lokal saat ini kualitasnya tidak kalah oleh produk-produk dari luar yang beredar di pasar nasional," ujarnya, saat mendampingi kunjungan wamendag ke pasar-pasar di Indonesia (23/06/2022)

Gorby menambahkan, selain kualitas dalam membuat sebuah produk lokal, produsen hendaknya memikirkan bagaimana produk ini bisa dikenal secara internasional, salah satunya dalam membuat packaging produk agar mampu dikenal oleh khalayak.

Untuk itu, dirinya bersama dengan tim di kementerian perdagangan akan senantiasa membantu merumuskan ide-ide kreatif untuk diberikan kepada pemerintah agar produk lokal bisa dikenal di tingkat mancanegara.

(fdl/fdl)