ADVERTISEMENT

BUMN Keroyokan Bikin Naik Kapal ke Pelabuhan Makin Gampang

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 16:42 WIB
Memasuki masa libur sekolah, PT PELNI yang mengoperasikan 26 kapal penumpang membidik pasar wisata edukasi kepada kelompok pelajar dengan menawarkan pengetahuan tentang Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.
Foto: dok. Pelni
Jakarta -

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) bersama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan Perum DAMRI menandatangani nota kesepahaman tentang Kerja Sama Antarmoda di Jakarta, Jumat (23/6). Dengan kerja sama ini, calon penumpang kapal PELNI diharapkan akan semakin mudah menuju dan meninggalkan wilayah terminal penumpang pelabuhan.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Antarmoda dilakukan oleh Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI Yahya Kuncoro, Direktur Pengelola PT PELINDO Putut Sri Muljanto, dan Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Perum DAMRI Dadan Rudiansyah.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI Yahya Kuncoro mengatakan bahwa wujud nyata kerja sama ini antara lain menyediakan moda transportasi dari dan menuju terminal penumpang di sejumlah kota pelabuhan yang dilalui oleh Kapal PELNI.

"Dengan menyediakan moda transportasi yang mudah dijangkau dan regular, kami berharap pelayanan ini dapat meningkatkan kepuasan para pengguna jasa kapal PELNI. Tentu kerja sama ini juga akan menguntungkan seluruh pihak terlibat, baik PELNI, PELINDO maupun Perum DAMRI," ujar Yahya Kuncoro dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Yahya menambahkan, selain faktor kenyamanan, seluruh pihak terlibat juga sangat memperhatikan faktor keamanan bagi para pelanggan yang akan menuju dan meninggalkan pelabuhan. "Tidak hanya pengalaman menyenangkan selama berlayar, kami juga ingin memastikan para pelanggan merasakan keamanan dan kenyaman sebelum dan sesudah berlayar," tambah Yahya.

Melalui nota kesepahaman ini, Yahya berharap kerja sama antara PELNI dengan PELINDO dan Perum DAMRI semakin terbuka luas dengan asas saling menguntungkan. "Tentu kolaborasi kami tidak hanya berhenti di sini. Banyak peluang yang bisa kami kerja samakan bersama PELINDO dan Perum DAMRI," ujar Yahya.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP) di mana Kapal Perintis menyinggahi 281 pelabuhan dengan total 3.695 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 10 trayek Tol Laut serta satu trayek khusus untuk angkutan ternak.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT