Mendag Baru Diganti, Harga Minyak Goreng di Pasar Kini Segini

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 24 Jun 2022 15:12 WIB
Harga terkini minyak goreng curah
Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta -

Posisi Menteri Perdagangan (Mendag) baru saja berganti. Kini Zulkifli Hasan menjabat Mendag, menggantikan Muhammad Lutfi.

Setelah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Mendag, Kamis (16/6/2022), Pria yang akrab disapa Zulhas langsung blusukan ke pasar. Salah satu targetnya adalah menekan harga minyak goreng, terutama curah.

Blusukan ke pasar pun terus berlanjut dalam sepekan terakhir. Lantas, bagaimana hasilnya?

Dari pantauan detikcom di pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, harga minyak goreng curah sudah mendekati HET. Pedagang di Pasar Mampang Prapatan menjual minyak goreng curah seharga Rp 15.500 - Rp 16.000 per kilogram.

"Kalau kita jualnya kiloan. Satu kilo harganya Rp 15.500," kata Eci, salah satu pedagang sembako di Pasar Mampang Prapatan kepada detikcom, Jumat (24/6/2022).

Ia menerangkan, telah terjadi penurunan harga dalam beberapa minggu terakhir. Selain itu, pasokan minyak goreng yang dulu sempat terhambat, kini mulai kembali normal.

Di Pasar Santa, Jakarta Selatan, harga minyak goreng curah juga mendekati HET. Beberapa pedagang yang detikcom kunjungi menjual minyak goreng curah seharga Rp 15.500 per kilogram.

"Harga turun udah lumayan lama. Kan waktu itu sempat Rp 18.000, tapi sekarang Rp 15.500 per kg. Kalau belinya banyak dan bawa jeriken sendiri bisa turun lagi," ungkap Asih, pedagang di Pasar Santa.

Pedagang lain di Pasar Santa, Anto juga memberi penjelasan yang sama. Ia menyebut harga migor curah sudah turun beberapa minggu terakhir.

Anto mengatakan, tidak ada panic buying seperti yang dulu sempat terjadi.

"Sekarang udah agak tenang. Dulu kan orang-orang kalo beli minyak langsung banyak. Tapi kalo sekarang udah mulai kgurang," tuturnya.

Sementara itu harga minyak goreng kemasan turun sekitar Rp 3 ribu - Rp 5 ribu. Menurut Anto penurunan ini terjadi dalam satu dua minggu ke belakang.

"Bukan cuman yang curah, kemasan juga turun. Sekarang Sunco yang 2 liter Rp 47.000, sebelumnya kan Rp 50.000-an," katanya

Dia menambahkan hampir semua minyak goreng kemasan turun harga. Ini termasuk migor kemasan ukuran 1 liter. Migor kemasan 1 liter yang sebelumnya dijual Rp 27 ribu kini hanya dibanderol Rp 24 ribu.

(hns/hns)