ADVERTISEMENT

Daftar 22 Perusahaan di AS yang Bakal Biayai Perjalanan Karyawan Mau Aborsi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 25 Jun 2022 22:24 WIB
REFILE - QUALITY REPEAT   People walk to the Alabama State Capitol during the March for Reproductive Freedom against the states new abortion law, the Alabama Human Life Protection Act, in Montgomery, Alabama, U.S. May 19, 2019. REUTERS/Michael Spooneybarger
Foto: REUTERS/Michael Spooneybarger: Ilustrasi/
Jakarta -

Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) menganulir kasus Roe v. Wade 50 tahun lalu, terkait pengakuan hak konstitusional perempuan untuk aborsi. Kasus tersebut mengacu pada tahun 1973, di mana seorang perempuan AS menuntut pelegalan aborsi untuk diterapkan secara nasional.

Keputusan Mahkamah Agung AS menyebabkan perubahan mendasar layanan kesehatan reproduksi di negara Paman Sam. Kini, kebijakan aborsi akan diserahkan masing-masing ke negara bagian.

Dikutip dari CNN Business, Sabtu (25/6/2022), pejabat dari tujuh negara bagian di AS menyebut akan menegakkan larangan aborsi. Jutaan orang yang berniat melakukan aborsi akan dipaksa ke luar negara bagian, melakukan perjalanan panjang demi bisa mengikuti prosedur aborsi.

Hal ini tentu akan menambah pengeluaran, sebagaimana biaya layanan kesehatan di AS sudah mahal sebelumnya. Bagi para karyawan, solusi untuk melakukan aborsi adalah melalui paket tunjangan dari perusahaan.

Menanggapi berita ini, beberapa perusahaan di negara bagian yang dikuasai Partai Republik mengeluarkan pernyataan resmi. Perusahaan seperti Citigroup (C), Salesforce (CRM) dan Match Group (MTCH) menyatakan bakal membantu keuangan karyawannya yang akan melakukan aborsi.

Langkah itu diikuti oleh lebih banyak perusahaan, seperti Apple dan Microsoft. Apple menawarkan paket tunjangan kepada karyawannya, yang ingin melakukan perjalanan ke luar negara bagian untuk datang ke pusat kesehatan.

Sementara Microsoft memperluas dukungan keuangannya untuk jenis "kesehatan kritis, termasuk aborsi. Microsoft memasukkan cakupan biaya perjalanan ke dalam paket tunjangan yang diberikan.

Mengutip CNN Business, Berikut beberapa perusahaan terkemuka yang menanggung biaya perjalanan karyawannya untuk aborsi.

Apple
Microsoft
Meta
Nike
Yelp
Disney
Uber
Netflix
Bumble
Match Group
Box.com
Levi Strauss
Comcast-NBC Universal
Warner Bros Discovery
JPMorgan Chase
Starbucks
Kroger
Alaska Airlines
Goldman Sachs
Zillow
Conde Nast
Dick's Sporting Goods


Saksikan juga, Sosok minggu ini: Hendra 'Ayah Sejuta Anak', Tampung 55 Bayi yang Terbuang

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT