ADVERTISEMENT

Beli Minyak Goreng Hari Ini Sudah Wajib Pakai PeduliLindungi?

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 10:31 WIB
Cara Isi e-HAC di Aplikasi PeduliLindungi, Wajib Tahu Jelang Mudik Lebaran 2022
Foto: Dok.detikcom
Jakarta -

Pemerintah berencana akan mengatur skema pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Hal ini dilakukan pemerintah untuk memberikan kepastian akan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng bagi seluruh lapisan masyarakat.

Berdasarkan pantauan detikcom, di beberapa titik penjualan minyak goreng curah rakyat ini belum ada yang menggunakan PeduliLindungi. Para pemilik toko sembako ini masih menyediakan pembelian minyak goreng curah pakai KTP saja.

Seperti Toko Nadia di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Pemilik toko bernama Bu Nadia mengatakan, dirinya telah disosialisasikan agar menyediakan fasilitas barcode untuk pembeli yang mau berbelanja minyak goreng curah pakai PeduliLindungi.

"Sudah dikasih tahu kemarin, pembeli bisa pakai PeduliLindungi, itu minyak yang dari Rajawali (PT Rajawali Nusantara - ID Food). Tapi sekarang saya masih pakai Si Gurih, pembeli pakai KTP kalau pada mau beli," ucapnya saat ditemui detikcom, di kawasan Jatinegara, Senin (27/6/2022).

Nadia juga menambahkan, menurutnya menggunakan PeduliLindungi akan lebih sulit bagi pembeli. Menurutnya lebih mudah menggunakan KTP, karena prosesnya pembeli bisa menggunakan KTP asli ataupun fotokopi.

"Kalau sekarang ya lebih mudah pakai KTP yaa, kalau PeduliLindungi ibu ibu atau nenek nenek ribet kalau harus bawa bawa HP, belum lagi kalau HPnya juga belum bagus. Kalau KTP kan semua orang punya. Jadi lebih mudah, " ungkapnya.

Selain mudah, dengan KTP proses pemeriksaan ketika pembeli itu sudah membeli di warung lain juga sudah terdeteksi. "Kalau dia udah beli di warung lain, atau sudah beli pagi dan siang mau beli lagi otomatis aplikasinya nggak nerima lagi," ujarnya.

Hal ini juga dikatakan oleh pemilik toko sembako, Toko Cahya di kawasan Klender. Pemilik toko mengatakan, pihaknya belum menyediakan barcode PeduliLindungi. Toko ini bermitra dengan Warung Pangan.

"Sekarang masih KTP aja, PeduliLindungi belum kita," tuturnya.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Harga Minyak Goreng di Minimarket Kembali Mahal, Stoknya Masih Langka"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT