ADVERTISEMENT

Batas Usia Pensiun PNS, Lengkap untuk Semua Jabatan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 10:38 WIB
PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama perpanjangan PSBB DKI Jakarta (PSBB transisi fase I). Mereka menerapkan protokol kesehatan.
Batas Usia Pensiun PNS/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Batas usia pensiun PNS menjadi hal yang perlu diketahui bagi PNS itu sendiri ataupun orang-orang yang ingin menjadi PNS. Batas usia pensiun PNS penting diketahui agar abdi negara tersebut bisa mempersiapkan tabungan kehidupannya di masa tua nanti.

Untuk itu, pemerintah sudah mengatur batas usia pensiun bagi PNS. Mengacu kepada Surat Kepala BKN Nomor: K.26-30/V.119-2/99 tertanggal 3 Oktober 2017, batas usia pensiun PNS sudah ditentukan masing-masing fungsi dan jabatan yang diemban.

Batas Usia Pensiun PNS

Batas usia pensiun PNS pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan ialah 58 tahun. Sementara, pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya ialah 60 tahun.

Selanjutnya, untuk PNS yang memangku jabatan pejabat fungsional ahli utama ialah 65 tahun.

Batas usia pensiun PNS yang menduduki JF yang ditentuka dalam undang-undang, berlaku ketentuan sesuai dengan batas usia pensiun yang ditetapkan dalam undang-undang yang bersangkutan.

PNS yang berusia di atas 60 tahun dan sedang menduduki jabatan fungsional ahli madya, yang sebelum PP ini muai berlaku batas usia pensiunnya ditetapkan 65 tahun, batas usia pensiunnya tetap 65 tahun.

Kemdudian PNS yang berusia di atas 58 tahun dan sedang menduduki jabatan fungsional ahli pertama, jabatan fungsional ahli muda, dan jabatan fungsional penyelia yang sebelum PP ini berlaku, maka batas usia pensiunnya tetap 60 tahun.

Jadi, berdasarkan ketentuan tersebut, maka batas usia pensiun PNS khusus untuk jabatan fungsional adalah:

1. PNS yang menduduki jabatan fungsional ahli pertama, ahli muda, dan jabatan fungsional keterampilan batas usia pensiunnya 58 tahun.

2. PNS yang menduduki fungsional ahli madya, batas usia pensiunnya 60 tahun.

3. PNS yang menduduki jabatan fungsional ahli utama, batas usia pensiunnya 65 tahun.

Demikian informasi tentang batas usia pensiun PNS. Semoga bermanfaat.

Lihat Video: THR PNS Cair Mulai 18 April 2022, Gaji ke-13 Bulan Juli

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT