ADVERTISEMENT

Mitsubishi Bidik RI Jadi Pusat Produksi dan Ekspor, Sasar Pasar Australia

Ilyas Fadilah - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 18:17 WIB
Aksesori resmi Mitsubishi Xpander
Foto: Dok, Mitsubisi
Jakarta -

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu prinsipal otomotif Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Jepang. Dalam pertemuan itu, didapatkan komitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan basis ekspor MMC.

Mitsubishi menargetkan kinerja ekspor di tahun 2022 mencapai 72 ribu unit, atau naik 30 ribu dibandingkan tahun 2021. Peningkatan ini akan memberikan sumbangsih surplus neraca perdagangan sebesar Rp7 triliun.

"Tentunya Mitsubishi akan meningkatkan pasar ekspor, sehingga memberikan sumbangsih nyata pada kinerja ekspor Indonesia," kata Agus di Okazaki, Jepang, lewat keterangan tertulis Senin (27/6/2022).

Mitsubishi telah berkomitmen menambah negara tujuan ekspor dan memberikan izin kepada Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia untuk menambah sembilan negara lagi, salah satunya Australia. Saat ini, APM Mitsubishi di Indonesia sudah mengekspor mobil ke 30 negara.


Menurut Agus, Australia merupakan pasar yang sangat penting bagi Indonesia. Apalagi, Indonesia dan Australia sudah terikat perjanjian perdagangan bebas Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

"Pasar Australia ini sangat besar, apalagi kita sudah punya kesepakatan dagang, sehingga sayang sekali bila tidak dimanfaatkan," lanjut Menperin.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT