ADVERTISEMENT

Tanaman Hias dari Bogor Tembus Pasar Belanda

Ilyas Fadilah - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 22:55 WIB
Tanaman hias Homalomena Varigata
Ilustrasi tanaman hias/Foto: Getty Images/iStockphoto/totitoth

Tanaman hias asli Indonesia yang diekspor mulai Homalomena, Scindapsus, Alocasia, Ardisia, Cyrtosperma, Aglonema. Nilai omzetnya mencapai 7 juta pohon setahun. Satu pohon rata-rata 1 dolar AS , sehingga omset mencapai 7 juta dollar AS atau setara dengan Rp 100 miliar setahun.

Sebagai informasi, tanaman hias asli plasma nutfah (hutan) Indonesia sangat diminati oleh negara subtropis seperti, Eropa, Amerika, Jepang, hingga Korea. Mayoritas dimanfaatkan sebagai hiasan dalam ruangan atau untuk Terrarium dan Paludarium bahkan Aquascape.

Menurut data Association of Horticultural Producers (AIPH), pasar global florikultura sebesar Rp 5 ribu triliun per tahun, mengalahkan konsumsi kopi dan teh sebesar Rp 3 ribu triliun per tahun. Market global saat ini dikuasai oleh Belanda 40%, Jerman 15%, Ecuador 15%, Thailand 8%, Vietnam 6% Singapore 5% dan Indonesia 0,08%.

Banyak tanaman hias plasma nutfah Indonesia diambil oleh China dan diperbanyak di laboratorium di sana. China lalu menjualnya ke distributor di Belanda dan Amerika.


(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT