ADVERTISEMENT

Belajar dari Holywings, Hati-hati Kalau Mau Promosi!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 17:30 WIB
Pemprov DKI cabut izin usaha Holywings karena tidak memiliki izin mendirikan tempat bar. Ada 12 outlet Holywings yang ditutup oleh Pemprov DKI Jakarta.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Promo minuman beralkohol gratis Holywings kepada orang yang bernama Muhammad dan Maria menimbulkan polemik. Masalah ini seharusnya menjadi pelajaran bagi pengusaha agar hati-hati dalam melakukan promosi.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah DKI (MES DKI) Tito Maulana menjelaskan, cara promosi yang dilakukan Holywings dengan promosi minuman beralkohol gratis khusus untuk pelanggan bernama Muhammad dan Maria berujung pada tindakan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan atau SARA.

"Kasus yang terjadi pada Holywings membuat masyarakat ekonomi syariah DKI Jakarta mengingatkan agar tidak terjadi lagi kezaliman dan menghalalkan segala cara dalam semua aktivitas ekonomi termasuk marketing campaign yang berujung kepada tindakan SARA," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, bagi umat islam, Muhammad bukan sekadar nama, tetapi berasal dari sosok manusia terbaik utusan Allah bagi seluruh umat. Sedangkan, Maria juga sosok wanita suci di dalam Islam bahkan menjadi nama satu surat di Alquran.

"Dilihat dari sudut pandang ekonomi syariah sebagai ekonomi yang berdaulat, berkeadilan dan terbuka sesuai dengan maqosith syariah berdasarkan Alquran dan sunah, prinsipnya adalah selalu mengedepankan keberkahan dan menentang kezaliman, zalim itu sendiri adalah semua hal yang tidak menempatkan sesuatu pada haknya," tambahnya.

Oleh karena itu, MES DKI menghimbau agar semua pihak tetap tenang dan bijak menyikapi persoalan ini dan menyerahkan semua penyelesaian kasus ini kepada pihak yang berwajib. Kemudian, MES DKI juga berharap tidak ada terjadi lagi kasus seperti ini yang berpotensi menyebabkan konflik seluruh masyarakat.



Simak Video "Penjelasan Satpol PP DKI soal Penyegelan 12 Outlet Holywings"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT