ADVERTISEMENT

Viral Penumpang Protes di MRT Berisik Malah Dinyinyiri Netizen

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 20:30 WIB
Naik MRT Jakarta di Ulang Tahun DKI Jakarta Cuma Bayar Rp 1
Foto: Sylke Febrina/detikcom
Jakarta -

Viral di sosial media, sebuah video yang menunjukkan penumpang dalam Mass Rapid Transit (MRT) menjadi sasaran nyinyiran netizen. Perekam video tersebut merasa terganggu, hingga mempermasalahkan kebisingan para penumpang lain yang ada dalam MRT itu.

"Bisa gak si naik MRT jangan brisik ada lo tempat ngobrol diviralin dikasih tau ngamuk hormati yg lain," tulis keterangan dalam video viral tersebut.

Sontak, unggahan video itu pun jadi perhatian netizen. Banyak netizen yang ikut berkomentar dalam video yang diunggah akun Instagram @suara__bergema pada Senin (27/6) lalu itu.

"Kalo gak mau berisik naik mobil pribadi aja," tulis akun @dianti27**, dikutip detikcom, Selasa (28/6/2022).

"Klo mau sunyi naik taksi dong," ungkap @letiziiako**.

"Rese bangetttt NIH org 😂😂😂 Beli Mobil sendiri," kata @taufikri**.

Video ini dinilai menuai pro dan kontra, ada juga yang mengatakan bahwa sejatinya dalam transportasi umum tersebut, penumpang dilarang melakukan interaksi secara dua arah.

"Yg bilang 'namanya di tempat umum'... Woii anda, ya kan ada aturannya ga boleh ngobrol secara 2 arah secara langsung ataupun nelepon di krl, mrt, dll. Ngerti dong, masa ga ngerti," tulis akun @ai_dianl***.

"Kalo di Jepang waktu di MRT gk boleh berisik takut ganggu penumpang lain dan warganya jg pada taat, kalo disini malah pd dibelaan dibilang "namanya jg tempat umum" iya tempat umum tp kn jg ada aturannya gk boleh berisik," tulis @hestyyun***.

Sayangnya, video tersebut tidak disertai keterangan yang jelas, kapan dan di mana direkam. Dikutip berdasarkan laman jakartamrt.co.id, Selasa (28/6/2022) adapun panduan menggunakan MRT adalah sebagai berikut:

  • Penumpang masuk ke stasiun MRT
  • Penumpang bisa membeli Single Trip Ticket (STT) maupun Multi Trip Ticket (MTT) melalui loket atau Ticket Vending Machine (TVM)
  • Setelah memiliki tiket MRT Jakarta, penumpang cukup menempelkan tiket (tap in) di gerbang penumpang
  • Penumpang antre di belakang garis aman, dan di dalam garis antrian
  • Dahulukan penumpang turun sebelum masuk ke dalam kereta
  • Setelah tiba di stasiun tujuan, tempelkan kembali tiket anda (tap out) di gerbang penumpang
  • Penumpang MRT Jakarta diminta untuk selalu mematuhi petunjuk dan arahan petugas.

MRT Jakarta secara kontinyu melakukan penyesuaian serta pembatasan sesuai kebijakan dari Pemerintah DKI Jakarta, dalam memutus mata rantai pada kasus penyebaran COVID-19.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT