ADVERTISEMENT

Di Konferensi Kelautan Dunia, Trenggono Ungkap 3 Jurus Ekonomi Biru RI

Hanifa Widyas - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 19:06 WIB
KKP
Assistant Secretary on State Department Bureau on Oceans and Environment USA, Monica Medina bersama Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono/Foto: Dok. KKP

Mari menjelaskan terdapat program untuk mendanai kegiatan pembangunan berkelanjutan dan terintegrasi untuk menciptakan laut yang sehat. Program tersebut merupakan multi donor trust-fund yang dinamakan PROBLUE.

"Program BCL ini benar-benar menarik perhatian. Dan di World Bank sendiri ada program untuk mendanai kegiatan-yang tujuannya menghadirkan laut yang sehat," aku Mari.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Doni Ismanto yang turut mendampingi kala pertemuan dengan Monica Medina mengungkapkan ide Bulan Cinta Laut milik Trenggono mendapat apresiasi khusus dari pejabat Amerika Serikat tersebut.


"Beliau beranggapan ide itu cerdas sekali sebagai simbol menjaga ekologi dan ekonomi secara bersamaan," katanya.

Ia juga menyebutkan selama ini program pemberdayaan nelayan dan komunitas pesisir di Indonesia melalui USAID mendapat dukungan dari pemerintah Amerika Serikat.

Sebagai informasi, UNOC 2022 di Lisbon mengangkat tema besar 'Scaling up ocean action based on science and innovation for the implementation of Goal 14: stocktaking, partnerships and solutions'. Melalui tema tersebut, peserta konferensi didorong untuk menghasilkan solusi inovatif berbasis sains yang sangat dibutuhkan dunia yang bertujuan untuk memulai babak baru aksi secara global.


(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT