ADVERTISEMENT

Dukung Ekonomi Hijau RI Lewat Ilustrasi Bisa Dapat Uang Jutaan, Mau?

Erika Dyah - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 10:15 WIB
Kompetisi Ilustrasi Digital Bank Indonesia
Foto: detikcom
Jakarta -

Isu lingkungan menjadi salah satu masalah global yang terus diupayakan solusinya oleh berbagai sektor, termasuk sektor ekonomi melalui gagasan ekonomi hijau. Ekonomi hijau ini bahkan turut menjadi kekuatan Indonesia dalam Presidensi G20 serta Parliamentary 20 (P20) tahun ini.

Melansir laman Kementerian ESDM, ekonomi hijau merupakan suatu gagasan ekonomi yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat. Sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan.

Gagasan ini menjadi perhatian dan telah diadaptasi oleh berbagai sektor ekonomi, seperti perbankan, infrastruktur, energi, dan lain-lain. Caranya pun beragam, mulai dari mengurangi emisi karbon dioksida, pembangunan rendah karbon, transisi bahan bakar fosil, memperkuat kebijakan mitigasi perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Upaya untuk menggaungkan ekonomi hijau di Indonesia sebetulnya tak hanya bisa dilakukan melalui cara-cara di atas. Lewat langkah sederhana seperti membuat ilustrasi digital, Anda juga bisa ikut mendukung upaya ekonomi hijau dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hal ini.

Selain ikut berkontribusi dalam upaya pembangunan ekonomi hijau, Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan hadiah saat membuat ilustrasi digital dengan mengikuti tantangan di event 'G20 BI STRONGER FEST' lho! Ingin tahu informasi selengkapnya? Simak uraian berikut.

Digital Illustration Competition G20 BI STRONGER FEST

Menyambut momentum Presidensi G20, Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam ajang 'G20 BI STRONGER FEST'. Adapun salah satu kegiatan yang bisa Anda ikuti adalah Digital Illustration Competition berhadiah total belasan juta rupiah.

"Bank Indonesia memegang peranan penting sebagai tuan rumah dalam Presidensi G20 2022. Tentunya forum bergengsi internasional ini telah membuat Indonesia menjadi fokus perhatian dunia. Rangkaian Presidensi G20 Indonesia masih akan terus berlangsung hingga November 2022. Untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia 2022, Bank Indonesia menyelenggarakan 'G20 BI-Stronger Fest'," ungkap BI dilansir dari laman resminya, Jumat (24/6/2022).

Kompetisi ini menantang Anda untuk membuat karya digital dengan mengusung tema pilihan, salah satunya tema 'Indonesia Maju Melalui Ekonomi Hijau'. Dengan mengikuti kompetisi ini, Anda bisa uji kebolehan membuat ilustrasi sekaligus mendukung gagasan ekonomi hijau di Indonesia.

Selain itu, ada 2 tema lainnya yang bisa Anda pilih antara lain 'UMKM Sebagai Tonggak Pemulihan Ekonomi' dan 'Bersama Mewujudkan Pemulihan Global yang Merata'. Para pemenang terpilih nantinya berkesempatan untuk memamerkan karya di ajang G20, tepatnya pada Pertemuan Tingkat Menteri keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBF) pada Juli mendatang di Bali.

Karya terbaik juga bisa mendapatkan hadiah menarik berupa uang jutaan rupiah. Untuk menjadi yang terbaik dalam kompetisi ini, tentunya Anda harus melalui serangkaian proses penjurian yang ketat bersama para ilustrator profesional sebab akan dipilih 15 peserta dari total karya yang dikirim untuk maju ke proses penjurian selanjutnya.

Adapun 10 peserta akan masuk ke sesi penjurian dan 5 lainnya sebagai cadangan. Nantinya, 10 peserta terpilih akan dihubungi oleh BI dan detikcom mengenai kesediaannya dalam mengikuti sesi penjurian lanjutan. Peserta akan diberikan waktu 3-5 menit untuk menceritakan hasil karyanya.

Setelah melalui penjurian tersebut, akan diambil 3 pemenang karya terpilih yang bisa mendapatkan hadiah uang tunai. Ada uang tunai senilai Rp 10 juta untuk pemenang pertama, Rp 5 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 2 juta untuk pemenang ketiga. Sementara seluruh pemenang dan 7 kandidat lainnya bisa mendapat e-sertifikat dari Bank Indonesia.

Yuk, segera siapkan ide dan karya terbaik Anda untuk mengikuti BI Stronger Fest Digital Illustration Competition yang masih dibuka hingga periode 22-30 Juni 2022. Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme dan syarat kompetisi ini bisa Anda akses di tautan berikut.



Simak Video "Bumi Diprediksi Makin Panas hingga 5 Tahun ke Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT