ADVERTISEMENT

6 Artis yang Jabat Komisaris Perusahaan, Siapa Saja?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 11:50 WIB
Cinta Laura
Deretan Artis yang Jabat Komisaris Perusahaan/Foto: Instagram @claurakiehl
Jakarta -

Selain menggeluti dunia hiburan, sejumlah selebriti diketahui memiliki jabatan tinggi di bermacam perusahaan. Bukan sembarang jabatan, beberapa selebriti bahkan menduduki posisi sebagai komisaris di berbagai perusahaan.

Yang terbaru ialah Cinta Laura, ia didapuk menjadi komisaris di perusahaan yang bergerak di bidang energi baru terbarukan belum lama ini. Selain Cinta Laura, selebriti lain yang juga menduduki jabatan komisaris di sebuah perusahaan antara lain Raline Shah hingga Wulan Guritno.

Dirangkum detikcom, berikut ini daftar selebriti yang memegang jabatan komisaris di sejumlah perusahaan.

Daftar Selebriti yang Jabat Komisaris di Perusahaan

Cinta Laura

PT Protech Mitra Perkasa Tbk (OASA) mengubah nama menjadi PT Maharaksa Biru Energi Tbk. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan juga telah menyetujui pengangkatan Cinta Laura Kiehl sebagai komisaris.

Cinta Laura adalah salah seorang artis ternama lulusan Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat. Cinta Laura belum lama ini diundang untuk berpidato di Gedung MPR-RI.

Ia hadir sebagai satu-satunya perwakilan perempuan generasi muda dalam rangka peringatan Hari Pancasila pada awal Juni lalu. Tak banyak yang tahu bahwa Cinta Laura sesungguhnya merupakan sosok selebriti yang sangat peduli terhadap lingkungan.

WulanGuritno

Wulan Guritno tak jarang menjadi perhatian publik di sosial media. Berkat akting yang memukau di berbagai film top tanah air, Ia juga dikenal sebagai aktris yang terlihat awet muda.

Selain menjadi artis, Wulan Guritno diketahui menjabat sebagai komisaris di PT Lima Dua Lima Tiga Tbk, pengelola restoran Lucy in the Sky. Lucy In The Sky adalah bar dan resto rooftop bisnis milik Wulan Guritno selanjutnya. Melansir situs resminya, Lucy In The Sky mengklaim akan untuk memberikan lebih dari sekedar makanan dan minuman,

Klub itu juga menawarkan pengalaman kehidupan malam sebagai bisnis serta gagasan emosional dan aspirasional. Diketahui, klub malam bernuansa bohemian ini, memiliki dua titik lokasi, yakni di Fairgrounds Building, kawasan SCBD dan di Rooftop Floor, Senayan Park.

Raline Shah

Pada 2017 lalu, Aktris Raline Shah diangkat jadi komisaris independen AirAsia Indonesia. Penunjukan ini menyusul persetujuan para Pemegang Saham PT Indonesia AirAsia kemarin.

Komisaris independen diangkat karena dianggap mampu mengawasi operasional dan kinerja perusahaan meski berasal dari luar perusahaan itu sendiri.

Komisaris independen dianggap bisa bersikap objektif dan memiliki risiko kecil dalam conflict of interest perusahaan. Namun kelemahannya adalah kurangnya pengalaman dalam menangani masalah spesifik yang dihadapi perusahaan.

Sandra Dewi

Sekitar tahun 2014, Sandra Dewi merambah ke bidang properti. Artis cantik yang kini berstatus istri Harvey Moeis itu menduduki dua jabatan di dua perusahaan berbeda sebagai komisaris dan direktur. Saat itu Sandra bekerja di Tanjung Benoa, Bali dan Paramount Serpong.

AbdeeSlank

Abdi Negara Nurdin atau lebih dikenal dengan Abdee Slank, ditunjuk oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai Komisaris Independen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Dalam sebuah pidato, Menteri Badan usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pernah mengungkapkan alasan pemerintah, sebagai pemegang saham Telkom, mengangkat Gitaris Band Slank ini sebagai petinggi perusahaan pelat merah.

Ricky Harun

Ricky Harun menjabat sebagai Komisaris Independen PT HK Metals Utama Tbk pada pertengahan 2021 lalu. Pria yang memiliki nama lengkap Ricky Chilnady Pratama ini diamanatkan untuk mengawasi perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan perdagangan bahan bangunan.

Secara rinci, produk bahan bangunan yang dimaksud berupa, aluminium extrusions, light steel, sanitary, PVC pipe, dan stainless steel. Didirikan pada 1995, emiten berkode saham HKMU ini semula memulai bisnis perdagangan berbasis aluminium ekstrusi, hingga akhirnya berhasil mengembangkan bisnis menjadi produsen bahan bangunan.

Demikian daftar artis yang juga menjabat sebagai komisaris di perusahaan.

Simak juga Video: Fakta-fakta Kaesang Jadi Komisaris Perusahaan Raffi Ahmad

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT