ADVERTISEMENT

Lewat Shopee, Mantan Pegawai Bank Ini Jual 3 Ton Madu Tiap Bulan

Inkana Putri - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 11:53 WIB
Manfaatkan Shopee, Mantan Pegawai Bank Mampu Jual 3 Ton Madu/Bulan
Foto: Istimewa

Selain menerapkan strategi pemasaran online, Doni juga menjaga hubungan baik dengan para mitra dan karyawan. Ia pun memberlakukan pembelian madu dengan harga spesial untuk peternak lebah. Bahkan, seiring berkembangnya bisnis madu miliknya, Doni juga perlahan menambah jumlah karyawan.

"Dari hanya satu karyawan, sekarang sudah ada 13 karyawan yang merupakan warga sekitar," jelasnya.

Hingga saat ini, Sarang Maduku masih terus berinovasi untuk dapat memenuhi kebutuhan pembeli. Sarang Maduku juga telah menambah sejumlah varian rasa yang juga diolah secara alami.

Di samping itu, berkat bantuan #ShopeeAdaUntukUMKM, Doni kini juga telah bisa menambah mitra peternak lebah dari yang mulanya hanya dari wilayah Malang dan Jawa berkembang ke wilayah luar Pulau Jawa, seperti Sumatra dan Kalimantan.

Menurut Doni, setiap daerah memiliki jenis lebah yang berbeda, dan hal itu memengaruhi madu yang dihasilkan. Kini, sebanyak 7 peternak lebah telah bermitra untuk memenuhi kebutuhan menyuguhkan 30 varian rasa madu di Sarang Maduku.

Libatkan Mitra dan Komunitas untuk Kembangkan Usaha

Strategi yang dilakukan Doni dalam mengembangkan usaha Sarang Maduku tentu berpengaruh terhadap penghasilan para mitra peternak lebah Sarang Maduku. Seperti yang dialami oleh Eko Budiono yang mangaku kini sudah memiliki penghasilan tetap karena madunya terjual dengan stabil melalui Sarang Maduku.

"Saya bergabung dengan usahanya Mas Doni dan harga pasar yang dikasih mas Doni di atas harga peternak biasanya. Jadi lebih menguntungkan buat saya," ungkap Eko.

Manfaatkan Shopee, Mantan Pegawai Bank Mampu Jual 3 Ton Madu/BulanSejumlah varian madu yang tersedia di Sarang Maduku Foto: Istimewa

Soal penghasilan, Eko menjelaskan biasanya penghasilan yang didapat tak menentu. Namun, setelah bermitra dengan Sarang Maduku, Eko memiliki pendapatan bulanan dengan angka yang stabil. Ia juga dapat memutar modal untuk menambah ternak lebahnya dari yang awalnya hanya 30 kotak sarang lebah, menjadi 70 kotak.

"Alhamdulillah bisa seperti ini karena usaha online yang Mas Doni tekuni," pungkasnya.


(akd/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT