ADVERTISEMENT

Buruh Pabrik Sepatu Nike Buka-bukaan PHK Gara-gara Orderan Turun Gede

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 17:06 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Viral video karyawan PT Victory Chingluh Indonesia yang menolak pemutusan hubungan kerja (PHK). Dalam video yang beredar di media sosial, PHK dilakukan kepada karyawan yang tengah menjalani masa percobaan (training) di bawah tiga bulan.

Diduga perusahaan mengumumkan soal PHK secara mendadak. Berdasarkan keterangan salah satu karyawan PT Victory Chingluh Indonesia, awalnya karyawan yang statusnya masih masa percobaan tiga bulan dikumpulkan di kantin.

"Langsung PHK hari itu, padahal tanggal 11 Juli mereka seharusnya lulus masa percobaan," kata salah satu karyawan yang tidak ingin disebutkan namanya kepada detikcom, Rabu (29/6/2022).

Karyawan ini juga mengatakan, bahwa kabar PHK juga akan berdampak pada karyawan yang masih bekerja di bawah dua tahun.

"Saya setahun saja belum, jadi kita takut karena PHK kemarin itu mendadak. Nggak ada pemberitahuan. Jadi bakalan ada kloter kedua di bawah dua tahun. Kelebihan 9 line, aturan 40 line," tuturnya.

PT Victory Chingluh Indonesia merupakan sebuah pabrik alas kaki yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten.

Kemudian, berdasarkan dokumen yang diberikan kepada detikcom, alasan dari PHK tersebut karena perusahaan tengah mengalami penurunan pesanan hingga 30%. Dokumen ini merupakan keterangan dari karyawan perusahaan itu juga.

"Bahwa hasil meeting dengan management. Management menyampaikan bahwa kondisi perusahaan lagi menurun order sampai 30%. Maka manajemen akan merilis karyawan masa percobaan sebanyak 289 orang (karyawan masa percobaan) dalam jumlah 49 line dan targetnya 40 line" tulis dokumen karyawan.

Buruh tolak PHK sepihak. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT