ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Putin Stop Perang Supaya Pasokan Pangan Dunia Normal Lagi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 01 Jul 2022 09:21 WIB
Jokowi bertemu Putin di Kremlin
Jokowi Bertemu Putin/Foto: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kremlin membahas sejumlah hal penting. Pesan paling penting yang disampaikan Jokowi adalah meminta Putin menghentikan serangan ke Ukraina.

"Kesimpulannya, saya ingin menyatakan bahwa Indonesia tidak punya kepentingan lain selain ingin perang dihentikan secepatnya, supaya pasokan pangan, pupuk, dan energi bisa kembali normal karena jutaan bahkan miliaran nyawa manusia sangat terkena pengaruhnya," kata Jokowi dalam keterangan resminya, Jumat (1/7/2022).

"Saya mengajak juga para pemimpin dunia untuk mengangkat kembali semangat keberagaman, semangat perdamaian, dan kerja sama. Hanya dengan ini kita bisa mencapai kedamaian bersama," tambah Jokowi.

Seperti diketahui, perang antara Rusia dengan Ukraina tidak hanya merenggut korban jiwa namun juga mengacaukan sistem logistik dunia. Mulai dari bahan pangan hingga energi, seperti gas dan minyak, menjadi kacau balau.

Sistem logistiknya yang berantakan akibat perang membuat harga pangan dan energi dunia melejit. Bahkan ada beberapa negara yang mulai mengurangi ekspor pangan demi memenuhi pasokan dalam negerinya sendiri.

Harga minyak dunia juga melambung akibat perang ini. Banyak negara yang mengalami lonjakan harga BBM, salah satunya adalah Amerika Serikat (AS) yang harga BBM mencapai rekor tertinggi.

Indonesia sendiri tidak mengalami lonjakan harga BBM karena harganya masih ditahan oleh pemerintah melalui subsidi.

Lihat juga video 'Analisa Budiman Sudjatmiko soal Beda Sikap Putin ke Jokowi dan Macron':

[Gambas:Video 20detik]



(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT