ADVERTISEMENT

Argentina Krisis Ekonomi, Menterinya Mengundurkan Diri

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 04 Jul 2022 10:24 WIB
Bendera Argentina
Foto: Internet
Jakarta -

Menteri Ekonomi Argentina, Martin Guzmán mengundurkan diri secara tiba-tiba. Hal itu bersamaan dengan keadaan negara yang tengah mengalami krisis ekonomi.

Keadaannya, inflasi Argentina melonjak 60%, harga-harga pangan dan energi meningkat, hingga mata uang negara Peso melemah terhadap dolar. Demikian dikutip dari BBC, Senin (4/7/2022).

Melihat keadaan itu, pengunduran diri Guzman menjadi tanda tanya besar. Publik juga jadi mempertanyakan bagaimana nasib ekonomi negara ke depannya.

Dalam sebuah surat kepada Presiden Argentina Alberto Fernández, Guzmán mengisyaratkan soal perpecahan internal di dalam pemerintahan yang menjadi buntut dia mengundurkan diri.

Memang bukan rahasia lagi keadaan internal kabinet di Argentina mengalami perpecahan. Presiden Fernández diketahui tengah berselisih dengan wakilnya, Cristina Fernández de Kirchner. Perselisihan dipicu mengenai bagaimana mengatasi masalah ekonomi negara.

Untuk diketahui, Martin Guzmán telah menjabat sebagai Menko Argentina sejak akhir 2019. Dia pernah memimpin negosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF) mengenai restrukturisasi utang Argentina.



Simak Video "Inflasi di Argentina: Harga Sayur Meroket-Warga Tak Punya Duit"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT