ADVERTISEMENT

Argentina Lantik Menteri Ekonomi Baru Gantikan Martin Guzman yang Mundur

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 10:38 WIB
Bendera Argentina
Foto: Internet
Jakarta -

Pemerintah Argentina melantik Menteri Ekonomi baru Silvina Batakis. Gerak cepat kabinet mencari pengganti Menteri Ekonomi sebelumnya menjadi upaya menenangkan publik yang gelisah akan nasib perekonomian negara.

Lantas siapa Menteri Ekonomi baru Argentina Silvina Batakis? Mengutip dari Reuters, Selasa (5/7/2022) Batakis seorang pegawai negeri sipil (PNS). Ia secara luas dipandang dekat dengan dominasi politik yang berkuasa di Argentina.

Seperti diketahui, Martin Guzman Menteri Ekonomi sebelumnya telah mengundurkan diri secara tiba-tiba. Kabar itu pun membawa tanda tanya publik dan kekhawatiran masyarakat akan negara yang mengalami inflasi cukup besar.

Keluarnya Guzman menyoroti perpecahan di pemerintahan, memberikan pukulan bagi Presiden Alberto Fernandez menjelang pemilihan 2023. Tidak hanya itu, hal tersebut mendorong kekhawatiran investor bahwa pemerintah akan menghabiskan lebih banyak uang untuk mengurangi tingkat kemiskinan yang tinggi.

Dalam sebuah surat kepada Presiden Argentina Alberto Fernández, Guzmán mengisyaratkan soal perpecahan internal di dalam pemerintahan yang menjadi buntut dia mengundurkan diri.

Memang bukan rahasia lagi keadaan internal kabinet di Argentina mengalami perpecahan. Presiden Fernández diketahui tengah berselisih dengan wakilnya, Cristina Fernández de Kirchner. Perselisihan dipicu mengenai bagaimana mengatasi masalah ekonomi negara.



Simak Video "Inflasi di Argentina: Harga Sayur Meroket-Warga Tak Punya Duit"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT