ADVERTISEMENT

800 Ribu Dosis Vaksin PMK Disebar, Target Utama Sapi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 22:00 WIB
Jakarta -

Kementerian Pertanian sejak Juni sudah vaksinasi hewan ternak agar terhindar dari penyakit kuku dan mulut alias PMK. Saat ini sudah ada 800 ribu dosis vaksin yang disebar ke seluruh Indonesia.

"Berikutnya adalah vaksinasi, kami sudah distribusikan 800 ribu vaksin ke daerah atau target, yang kita vaksin seluruh Indonesia," papar Sekretaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian Makmun dalam konferensi pers, Selasa (5/7/2022).

Makmun memaparkan sejauh ini prioritas vaksinasi dilakukan pada ternak sapi. Pasalnya ternak jenis ini sangat lemah menghadapi virus PMK. Bila ada yang sudah terjangkit ada kemungkinan sapi tidak bisa bertahan dan harus terpaksa dipotong.

"Kenapa target utama itu sapi, karena melanjutkan kelanjutan ekologis. Jadi agar tak jadi carrier terus menerus. Inilah strategi yang kita lakukan," papar Makmun.

Skala prioritasnya adalah sapi bibit, dia mengatakan sejauh ini sudah 100% sapi bibit di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Peternakan di tingkat pusat dan daerah sudah divaksin.

"Pertama adalah sapi bibit. Karena nilainya mahal dan umur panjang ini kita jaga paling awal. Ini sudah 100% di UPT pusat dan daerah," ungkap Makmun.

Sasaran berikutnya sapi perah. Langsung klik halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT