ADVERTISEMENT

Menagih Janji Zulhas yang Mau Luncurkan Minyak Goreng Curah Kemasan

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 06 Jul 2022 08:16 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan Rapat Kerja Perdana Kementerian Perdagangan bersama Komisi VI DPR RI dalam rangka membahas RUU tentang Pengesahan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK CEPA). Dalam agenda tersebut Mendag Zulkifli Hasan memaparkan hal yang berkaitan dengan rapat kerja tersebut, tidak lupa juga menjelaskan mengenai progres dari Minyak Goreng yang selama ini menjadi masalah di Masyarakat. Minyak goreng kemasan Minyakita.
Foto: dok. Kemendag
Jakarta -

Belum genap satu bulan Zulkifli Hasan resmi diangkat sebagai Menteri Perdagangan Kabinet Indonesia Maju menggantikan Muhammad Lutfi. Berbagai janji pun ia sampaikan di hari pengangkatannya pada 15 Juni 2022 lalu. Salah satu janjinya ialah segera menyelesaikan persoalan ketersediaan dan harga minyak goreng.

"Saya kira background, pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng di mana pun dan harga terjangkau, itu yang paling penting," kata Zulkifli Hasan disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/6/2022).

Sepekan kemudian, Zulhas hadir dengan dua strateginya untuk menyelesaikan permasalahan minyak goreng curah tersebut. Strategi tersebut antara lain yang pertama, dijamin keberadaan minyak goreng curah di pasar dengan harga Rp 14.000/liter di distributor. Kedua, akan mengemas minyak goreng curah yang dikemas menjadi kemasan sederhana seharga Rp 14.000/liter.

"Dengan kemasan sederhana itu maka dia bisa masuk di supermarket di Indomaret, Alfamart di mana bisa diterima, curah nggak bisa," ujar Zulhas kepada detikcom, Kamis (23/06/2022).

"Dengan dua cara itu yang bersamaan sekitar 2 minggu paling target sebulan itu bisa dapat selesai," lanjutnya.

Kemarin, belum genap dua minggu sejak pernyataan kedua strategi tersebut disampaikan, Zulhas mengungkapkan rencana peluncuran minyak goreng curah kemasan pada hari Rabu ini (06/07/2022). Minyak tersebut diberi nama MinyaKita.

"Besok temen-temen, kita akan launching minyak kemasan besok," ujar Zulhas kepada media, dalam kunjungannya ke Pasar Jaya Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (05/07/2022).

Ia mengatakan, dengan terjaminnya harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah di Rp 14.000 dengan stok yang aman tersedia, masalah berikutnya yang harus ia selesaikan adalah perihal ekspor CPO.

"Problem yang kedua yang harus saya selesaikan ialah agar nanti ekspornya lancar," tuturnya.

Mendukung informasi tersebut, Direktur Bahan Pokok dan Penting Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengatakan, besok launching minyak goreng curah dalam kemasan sederhana atau MinyaKita dilakukan di Kantor Kementerian Perdagangan.

"Besok kita akan undang di Kemendag," ujar Isy, saat tengah mendampingi Zulhas di Pasar Jaya Ciracas, Jakarta Timur.

"Untuk warga sekitar saja," tambahnya.

Isy mengatakan, peluncuran perdana minyak tersebut sementara hanya untuk masyarakat sekitar dan para tamu undangan. Dia menambahkan, ada sekitar 28 produsen yang telah bergabung dalam mendukung produksi MinyaKita.

Sebagai tambahan informasi, MinyaKita adalah minyak goreng curah dalam bentuk kemasan sederhana yang sudah berlabel BPOM. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sebelumnya sempat mengatakan bakal ada minyak goreng kemasan sederhana tersebut di pasaran.

Di saat yang bersamaan, harga minyak goreng curah akan diupayakan sebesar Rp 14.000/liter di pasaran. Namun Zulhas menjelaskan, harga itu untuk sampai ke penampung (distributor).

"Nanti kita sampaikan ke publik di mana dapat Rp 14.000 itu. Kita akan iklan layanan masyarakat itu nanti kita akan push itu sudah ada namanya task force atau crisis center kalau ada masalah itu akan jalan all out habis habisan," tutur Zulhas kepada detikcom di rumah dinas Jalan Widya Chandra, Jakarta, Selasa (21/6/2022).



Simak Video "Kata Jokowi soal Zulhas Promosi Anaknya saat Bagikan Minyak Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT