ADVERTISEMENT

Mie Sedaap Cup Ditolak Masuk Taiwan Gara-gara Kelebihan Residu Pestisida

Tim Detikcom - detikFinance
Rabu, 06 Jul 2022 13:42 WIB
Mie Sedap ditolak masuk Taiwan/Credit Focus Taiwan
Foto: Mie Sedap ditolak masuk Taiwan/Credit Focus Taiwan
Jakarta -

Otoritas Bea Cukai Taiwan menahan kiriman mi instan yang berasal dari sejumlah negara termasuk Indonesia. Produk mi instan asal Indonesia yang dilarang masuk ke Taiwan adalah Mie Sedaap.

Alasan otoritas Bea dan Cukai memblokir masuknya mi instan itu karena mengandung kelebihan residu pestisida. Hal itu berdasarkan keterangan yang disampaikan Taiwan Food and Drug Administration (FDA) alias BPOM.

Selain Indonesia, produk mi instan yang tak diperbolehkan masuk dan beredar di Taiwan juga berasal dari Filipina dan Jepang. FDA menyebut di laporan impor makanan ada 19 pengiriman yang ditalak oleh otoritas bea cukai, termasuk 7 pengiriman mi instan yang ditotal mencapai 4.431,96 kg.

Dikutip dari Focustaiwan, Rabu (6/7/2022), di antara pengiriman mi instan tersebut, sebanyak 4.047 kg adalah adalah Mie Sedaap cup dari Indonesia dan327 kg Lucky Me cup dari Filipina. Keduanya diimpor oleh Elom Group Company.

Mengingat banyaknya pengiriman mi instan yang terkontaminasi dari Indonesia, FDA mengatakan petugas bea cukai akan meningkatkan persentase impor yang diperiksa dari 5-10% menjadi sekitar 20%.

Bea Cukai juga menolak 56,96 kg mi cup Acecook dari Jepang yang diimpor oleh Zhong Xin International Development Co. FDA mengatakan bahwa semua produk di bawah standar akan dikembalikan atau dihancurkan.

Makanan di bawah standar lainnya yang ditolak oleh bea cukai termasuk Best Camellia Oil dari China dan kantong teh Queen Victoria dari Australia.

Lihat juga video 'Suka Mie yang Gurih? Cobain Mie Ayam Bangka Asan':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT