Intip Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat, Berapa Ya?

ADVERTISEMENT

Intip Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat, Berapa Ya?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Kamis, 07 Jul 2022 18:30 WIB
Marshaller sedang bekerja memarkir pesawat
Tukang Parkir Pesawat/Foto: Getty Images/iStockphoto/Svitlana Hulko
Jakarta -

Berapa gaji tukang parkir pesawat atau marshaller? Mungkin Anda pernah bertanya-tanya soal itu di dalam pikiran. Berbeda dengan tukang parkir lainnya, petugas parkir pesawat ini diharuskan memiliki keahlian khusus dalam mengarahkan pesawat yang hendak parkir.

Tentu saja ini bukan keterampilan yang mudah dan butuh waktu untuk mempelajarinya. Itu sebabnya, gaji marshaller sedikit berbeda dengan kebanyakan tukang parkir. Selain itu, gaji tukang parkir pesawat juga memiliki perbedaan di tiap-tiap negara.

Mengutip ZipRecruiter, Kamis (25/5/2022), rata-rata gaji tahunan marshaller atau tukang parkir pesawat di Amerika Serikat per 1 Desember 2021 adalah US$ 43.861 per tahun atau sekitar Rp 622 juta (kurs dolar Rp 14.200).

Jika disederhanakan, itu kira-kira US$ 21,09 atau sekitar Rp 299 ribu per jam. Dan setara dengan US$ 843 atau Rp 11,9 juta per minggu atau US$ 3.655 atau Rp 51,9 juta per bulan.

Kisaran gaji yang bervariasi ini menunjukkan kemungkinan ada banyak peluang untuk peningkatan gaji berdasarkan keterampilan, lokasi dan pengalaman.

Sementara, gaji tukang parkir pesawat yang berada di atas rata-rata adalah di San Fransisco dilanjutkan dengan San Jose di California dan Fremont. San Jose mengalahkan rata-rata nasional sebesar US$ 6.627 atau sekitar Rp 94 juta (15,1%), dan San Francisco, berada di atas rata-rata dengan US$ 9.983 atau sekitar Rp 141 juta (22,8%).

Kemudian, di Indonesia sendiri dikutip dari detikTravel, gaji tukang parkir pesawat berkisar antara Rp 4-6 juta per bulan. Ini jawaban dari Arif Husni yang telah bekerja sebagai tukang parkir pesawat Gapura Angkasa selama 10 tahun.

"Perkiraan saja ya, antara Rp 4-6 juta," tegas Arif kepada detikcom di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta beberapa waktu lalu.

Peran tukang parkir pesawat begitu penting karena mereka menjadi kepanjangan mata pilot. Lewat gerak badan, mereka memberi arah persis di mana pesawat harus berhenti, selain itu juga memastikan bahwa jalur taxi dan area parkir pesawat bebas dari segala benda asing.

Hebatnya, tukang parkir pesawat harus tetap bekerja di tengah kondisi buruk seperti hujan dan badai. Hal itu dilakukan demi memastikan pesawat terparkir dengan baik.

Tukang parkir pesawat juga dituntut memahami aturan yang cukup banyak dan ketat. Mereka hanya bisa memarkirkan lima pesawat ke area parkir setiap harinya. Biasanya mereka menggunakan bet dan lampu marshalling seperti polisi lalu lintas. Bet tersebut berbentuk bulat dan bergagang kayu, seperti raket pingpong atau tenis meja.

Pada umumnya, tukang parkir pesawat bisa bekerja 13 jam sehari atau lewat shift yang diselingi istirahat atau break. Biasanya jam kerja mereka adalah pukul 06.00-19.00 dan 18.00-07.00 pagi. Itulah dia gaji tukang parkir pesawat, kamu tertarik?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT