Cara Jadi Afiliator di Shopee dan Tokopedia, Cuma Share Link Dapat Duit

ADVERTISEMENT

Cara Jadi Afiliator di Shopee dan Tokopedia, Cuma Share Link Dapat Duit

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 08 Jul 2022 15:03 WIB
beautiful young woman are buying online with a credit card while sitting in the living room morning. Women are using a computer laptop and doing online transactions at home
Ilustrasi Afiliator Toko Online/Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong
Jakarta -

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, menghasilkan uang bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya media sosial. Bahkan, fenomena ini mampu melahirkan profesi baru, salah satunya affiliate atau afiliator toko online. Bagaimana cara jadi afiliator toko online?

Afiliator toko online adalah sebuah profesi di mana seseorang bisa bekerja sama dengan toko online untuk bisa mendapatkan uang tambahan dari mempromosikan produk. Cara promosinya dengan membagikan atau share link produk penjualan.

Menariknya, calon afiliator ini tak diwajibkan punya banyak follower atau pengikut di media sosial. Bahkan untuk kontennya sendiri, mereka diberi kebebasan selama memenuhi syarat dan ketentuan produk yang ingin dipromosikan.

Penasaran dengan afiliator toko online, Detikcom pun menjajal pendaftaran program afiliator milik Shopee dan Tokopedia pada Jumat, (08/07/2022). Berikut informasinya.

Apa Itu Afiliator?

Afiliator merupakan cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi secara terarah yang dilakukan oleh individu. Afiliator seperti marketer atau sales yang tidak terikat yang mendapatkan penghasilan dengan memperkenalkan dan mengajak orang untuk bertransaksi.

Seorang affiliator semacam diendorse yang tugasnya menjelaskan dan memperlihatkan keuntungan dari trading tersebut agar masyarakat tergiur dan tertarik mengikutinya. Keuntungan yang didapat affiliator biasanya berasal dari komisi per transaksi.

Cara Daftar Shopee Affiliates Program

Berikut adalah cara bergabung Shopee Affiliates Program:

1. Akses shopee.co.id/aff pada browser Anda atau cari "Shopee Affiliates Program" pada fitur Pencarian di aplikasi Shopee.
2. Isi informasi yang dibutuhkan secara rinci dan benar.
3. Setelah berhasil mendaftar, tunggu selama maksimal 3 (tiga) hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee.
4. Setelah itu, Anda dapat mulai mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk-produk Shopee menggunakan link Affiliate.
5. Promosi dapat dilakukan dengan menyebar custom link melalui akun media sosialmu, bisa di Instagram, Youtube, Facebook, hingga TikTok.

Cara Daftar Tokopedia Affiliate Program

Berikut cara daftar Tokopedia Affiliate Program:

1. Buka aplikasi Tokopedia, lalu ke bagian 'Semua Kategori. Kamu juga bisa daftar melalui website.
2. Klik Tokopedia Affiliate untuk membuka portal Tokopedia Affiliate.
3. Klik Daftar Sekarang
4. Isi data berikut untuk Daftar Affiliate, lalu klik Selanjutnya.
5. Setujui syarat dan ketentuan.
6. Selesai! kamu sudah bergabung di Tokopedia Affiliate
7. Kamu bisa langsung share link Tokopedia Affiliate dan promosikan produk melalui media sosialmu.

Tidak hanya Shopee dan Tokopedia, toko online lainnya juga menyajikan program yang serupa. Kalian bisa cek langsung informasinya ke website resmi dari tiap-tiap toko online untuk program menjadi afiliator ini.

Demikian cara daftar jadi afiliator toko online, mulai dari Shopee Affiliates Program dan Tokopedia Affiliate Program.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT