Nggak Cuma Mobil Mewah, Moge Juga Bakal Dilarang Isi Pertalite

ADVERTISEMENT

Nggak Cuma Mobil Mewah, Moge Juga Bakal Dilarang Isi Pertalite

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 09 Jul 2022 17:12 WIB
SPBU Tanah Abang jual Pertalite dengan harga Rp 6.450 per liter. Sejumlah pemotor pun antre di SPBU itu demi dapat membeli Pertalite seharga Premium itu.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan mengatur kriteria kendaraan yang dilarang membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (9/7/2022) Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan, Mobil dengan CC di atas 2.000 dan Motor Gede (Moge) akan dilarang minum Pertalite.

"Mobil plat hitam masih bisa, kecuali yang di atas 2.000 termasuk mobil dan motor mahal. Plat kuning dan angkutan barang masih boleh," terang Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman dalam Webinar Virtual Generating Stakeholders Support For Achieving Effectiveness of Duel and LPG Subsidies Rabu lalu.

Saleh tidak merinci CC moge yang dilarang mengkonsumsi Pertalite. Namun sebelumnya, ia menjabarkan yang sedang dikaji untuk dilarang adalah CC motor di atas 250 CC.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, Pemerintah masih menyiapkan ketentuan terhadap kendaraan yang berhak menggunakan BBM bersubsidi.

Pemerintah akan melakukan revisi dari Perpres No. 191 Tahun 2014 mengenai kriteria kendaraan yang berhak menggunakan BBM subsidi.

Namun, dalam pemaparan yang Nicke sampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, ada bocoran ketentuan kendaraan yang berhak mendapatkan Pertalite. Motor-motor 250 cc ke atas dilarang membeli Pertalite.

"Berdasarkan hasil Rakortas yang dipimpin Menko Ekon, bahwa pembatasan pengguna JBKP (Jenis BBM Khusus Penugasan) Pertalite ditetapkan khusus untuk roda 4 pelat hitam 1.500 cc ke bawah dan roda 2 250 cc ke bawah," tulis pemaparan Nicke yang disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut, dikutip dari detikOto, Sabtu (9/7/2022).

Berikut motor-motor yang bakal dilarang beli Pertalite:

Honda

Forza 250
CBR250RR
CRF250 Rally
Lini moge Honda
Yamaha

XMAX
TMAX
MT-25
R25
Lini moge Yamaha
Kawasaki

Ninja 250SL
Ninja ZX-25R
Ninja 250
Versys-X 250
KLX250
Lini moge Kawasaki
Suzuki

Gixxer SF 250
Lini moge Suzuki

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT