ADVERTISEMENT

AS Danai Senjata Ukraina Rp 5,9 T Perang dengan Rusia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 09 Jul 2022 19:00 WIB
Perang Ukraina: AS akan tingkatkan kehadiran militer di seluruh Eropa, 300.000 serdadu siap siaga
Ilustrasi/Foto: BBC World
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meneken paket senjata baru senilai US$ 400 juta atau setara dengan Rp 5,96 triliun (asumsi kurs Rp 14.900).

Dikutip dari Reuters, paket senjata ini akan diberikan kepada Ukraina yang isinya empat tambahan sistem roket artileri dengan mobilitas tinggi dan banyak amunisi. Bantuan baru ini memang ditujukan untuk mendukung Ukraina yang mendapat serangan berat dari Rusia.

Sejak invasi yang dilakukan 24 Februari lalu, Rusia menguasai sebagian wilayah di sisi slatan Ukraina di atas Krimea. Rusia secara perlahan memaksa mundur pasukan Ukraina.

Seorang pejabat senior AS menyebutkan dengan bantuan itu, Ukraina telah berhasil menyerang Rusia. AS memang menyediakan persenjataan Ukraina sejak bulan lalu.

Paket senjata terbaru juga mencakup amunisi yang lebih tepat untuk sistem artileri howitzer, yang tersedia untuk militer AS tetapi belum diberikan ke Ukraina.

Sekadar informasi, ribuan orang telah menjadi korban di Ukraina dan jutaan lainnya mengungsi ke wilayah lain. Memang Ukraina dan AS saat ini makin erat dan memiliki peralatan canggih untuk melawan balik Rusia.

Amerika telah menyalurkan sekitar Rp 7,3 miliar bantuan sejak pasukan Rusia menginvasi Ukraina dan menabuh genderang perang.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT