ADVERTISEMENT

Iklim Investasi, Pemilu 2024 dan Keseriusan Pemerintah Lawan Hoax

tim detikcom - detikFinance
Minggu, 10 Jul 2022 21:16 WIB
Ketua HIPMI Digital Academy Anthony Leong
Foto: Ketua HIPMI Digital Academy Anthony Leong (Istimewa)
Jakarta -

Iklim investasi yang sehat salah satunya didukung oleh kemampuan regulator menyaring informasi yang beredar di masyarakat. Memerangi hoax atau berita palsu salah satunya.

Ini penting khususnya menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Baru-baru ini Mabes Polri mengumumkan bakal membentuk satgas khusus bernama Satgas Nusantara guna pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Satgas ini bertujuan mencegah terjadinya polarisasi hingga pemberantasan hoaks terkait Pemilu 2024.

Pakar Digital, Anthony Leong mengungkapkan sangat mengapresiasi langkah Polri dan siap bersinergi untuk bisa menghadirkan Pemilu 2024 yang damai.

"Tidak bisa kita pungkiri, langkah ini sangatlah penting melihat pengalaman di Pemilu yang lalu dengan banyaknya polarisasi, politik identitas, hoaks, ujaran kebencian yang menyebabkan perpecahan di masyarakat. Salah satu solusi untuk mereduksi polarisasi dalam perspektif politik adalah menghadirkan 3-4 pasangan calon presiden sehingga tidak terlalu head to head," ungkap Anthony, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Anthony juga menjelaskan bahwa Satgas Nusantara ini perlu ada dukungan hingga tindakan pencegahan yang melibatkan stakeholder lain di luar satgas yang dibentuk Polri.

"Harus adanya mitigasi isu untuk mengurangi resiko yang tidak terduga karena kemungkinan akan terjadi penciptaan hoaks-hoaks di Pemilu 2024 akan lebih banyak untuk saling menjatuhkan. Kita siap sinergi dengan Polri dengan hadirkan platform Artificial Inteligence berbasis big data untuk membantu memetakan dan menangkal konten hoax dan lainnya," ujar Anthony.

Menurut CEO Menara Digital itu, harus ada cooling system bersama yang bisa berdampak lebih besar perannya karena melibatkan berbagai stakeholder di dalamnya.

Terakhir Anthony mengatakan bahwa dari sekarang dari pemerintah hingga masyarakat harus mempersiapkan dan ikut andil untuk memberantas hoaks di pemilu 2024, agar tidak ada perpecahan hingga aksi masa. Sehingga, dapat tercipta dan berlangsung Pemilu yang aman dan damai.

Pemilu yang damai juga bisa memberikan stimulus yang positif bagi iklim investasi di masa mendatang.

"Pembentukan satgas Pilpres dan Pilkada 2024 bertujuan memberikan sosialisasi, edukasi, serta literasi kampanye yang bermartabat, menjaga etika, toleransi, moderasi beragama, dan menjaga persatuan," ucap Ketua Indo Digital Volunteer itu

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT